Saturday, September 28, 2013

CARA MENGATASI MASALAH HANG KOMPUTER



Sebelum masuk ke permasalahan tersebut ada baiknya perlu kita ketahui untuk melakukan analisa terlebih dahulu pada komputer yang mengalami hang tersebut. Sehingga dengan menganalisa komputernya kemudian akan menghasilkan info yang lebih jelas mengenai kasus/permasalahannya sehingga dapat diusulkan untuk perbaikannya. Dari sekian banyak pengguna PC dalam kasus ini mereka pun pernah mengalaminya termasuk Admin juga nih.

Berdasarkan Pengalaman Admin mengalami komputer hang itu bukan hanya sekali atau dua kali tetapi sudah sering kali di alami. Karena berkat ada kemauan untuk belajar kini semua itu sudah bisa diatasi sendiri, dan tanpa perlu membawanya ketempat service kecuali rusak berat. lalu bagaimana cara mendiagnosa komputernya? cukup mudah karena langkah ini tergolong masih sederhana, oke langsung saja kita simak bersama.

ANTIVIRUS : Pastikan kemputer anda tidak terserang virus, lakukan Scan virus secara berkala, serta gunakan antivirus terbaik yang menurut anda baik, akan tetapi Pada dasarnya semua antivirus itu baik, baik itu yang berbayar maupun gratisan yang pasti penggunaannya harus selalu di update agar mudah mengenali virus-virus terbaru. Ada beragam pilihan seperti Antivirus AVG, AVIRA, AVAST, SMADAV, dan lain sebagainya.

SISTEM OPERASI : Apakah sistem operasi yang sedang anda gunakan terdapat file yang corrupt? jika memang ada, maka selesaikanlah terlebih dulu permasalahannya,sebaiknya jangan terburu buru untuk melakukan install ulang OS, karena hal itu dapat menghapus semua data yang ada pada PC. gunakanlah beberapa software/aplikasi yang bisa membantu pada kasus ini. Seperti Driverparksolution atau sejenisnya.

HARDISK BADSECTOR : Hardisk badsector atau kapasitas hardisk yang mungkin sudah penuh, atau adanya faktor lain karena usia hardisk sudah cukup lama sehingga melemah serta menghambat kinerjanya, atau mungkin pemakaian PC yang terlalu lama yang menyebabkan hardisk panas.

RAM : Kapasitas RAM yang kurang support karena mungkin banyak aplikasi yang terinstall, bisa di tambahkan kapasitasnya bila diperlukan. Atau karena faktor kebersihan Coba cek pada RAM biasanya terdapat debu yang menempel pada bagian socket, namun hal itu dapat diatasi dengan cara membersihkannya dengan menggunakan penghapus pensil dengan cara di gosok searah saja.

MOTHERBOARD : Pastikan anda mengenali sedikit tentang periperal/komponen PC yang ada pada Motherboard, apakah ada komponen yang rusak atau sudah lemah, bila ada silahkan diganti dengan sparepart yang baik. jangan gunakan sparepart yang murah pastikan anda membeli yang orginal karena disamping perfomance juga kualitas pasti berbeda.

UPS/STABILIZER/POWER SUPPLAY : Perangkat ini merupakan salah satu alokasi sumber daya dan Pastikan semua perangkat mendapatkan asupan listrik dengan baik jika tidak dengan demikian maka setting dulu dayanya sehingga tidak mengganggu performa PC.

TASk MANAGER : Untuk menutup aplikasi yang hang gunakan cara ini bila diperlukan dengan cara klik CTRL+ALT+DEL kemudian pilih dan klik menu Start Task Manager, setelah itu akan keluar tampilan list Windows task manager. kemudian pilih menu processes dan klik selanjutnya pilih serta klik aplikasi yang hang tersebut dengan cara klik End Task.

KEBERSIHAN CPU : Bersihkanlah semua perangkat periperal/komponen yang ada di dalamnya dari kotoran debu, dengan cara membuka Casing CPU terlebih dulu bersihkanlah secara perlahan dengan menggunakan kuas kecil atau sikat gigi bekas untuk menjangkau kotoran debu sehingga dapat di bersihkan.

Demikian postingan kali ini kurang lebihnya mohon maaf dan semoga bermanfaat terimakasih atas kunjungannya salam jabat erat.

Admin,

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan
terimakasih dan semoga bermanfaat!

JUAL PANGKON BREKET STAMPER KUDA MIKASA MTR 80 085710575024

 Pangkon stamper kuda atau dudukan mesin stamper khusus mikasa mtr 80, yang mau modidikasi ganti mesin pake tipe honda gx 160 ataupun sejeni...