Saturday, December 28, 2013

SERVICE KARBURATOR MOTOR SENDIRI SIAPA TAKUT!




Hello kawan Rider semuanya, Admin di sini akan berbagi sedikit pengalaman tentang bagaimana cara menangani/ menservice Komponen motor yang satu ini yaitu Karburator, baik sebelumnya memulai pembahasan ada yang tahu pengertian karburator? Karburator adalah sebuah alat yang mencampur udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam, begitulah kata wikipedia. nah pertanyaan berikutnya bagaimana cara menservice Karburator? Lantas mengapa harus diservice? seperti judul diatas SERVICE KARBURATOR MOTOR SENDIRI SIAPA TAKUT!, admin akan memberi sedikit ilmu dan masukan lebih baik mencoba dari pada tidak sama sekali, dan atas dasar itulah admin mampu melakukan urusan service karburatornya sendiri hingga sekarang,dan hal ini sangat mudah di lakukan bagi anda semua yang actifitasnya biasa menggunakan sepeda motor,adakalanya anda dapat meluangkan sedikit waktu liburnya untuk melakukan service karburator tersebut dan mungkin ini akan menjadi ilmu baru meskipun anda bukan seorang mekanik dan begitupun admin juga bukan seorang mekanik, dan tentunya memiliki keuntungan tersendiri yaitu memiliki pengetahuan tentang mekanik meski sedikit, serta menghemat uang saku karena tidak seperti biasanya yaitu mengeluarkan uang service.
perlu kita ketahui ada beberapa faktor gejala yang menyebabkan karburator ini harus di service antara lain :

+ Pada saat melaju motor terasa ngempos/merebet/ bahkan tiba-tiba mesin mati : bisa jadi komponen karburator kotor
+ Tidak seperti biasanya mesin susah sekali dihidupkan pada pagi hari : bisa jadi komponen karburator kotor
+ Akselarasi handle gas sama laju kecepatan tidak sesuai : Settingan Langsam / bisa jadi komponen karburator kotor/ setelan langsam yang tidak sesuai
+ Motor terlalu sering kena air terutama dipakai saat hujan atau karena terlalu sering Steam/cuci : bisa jadi komponen karburator kotor kemasukan air

baiklah kita mulai saja. sebagai contoh disini admin akan menservice karburator motor Honda Karisma

siapkan beberapa tools perlengkapan kunci antara lain :
kunci pass 8
obeng + dan -

langkah pertama :

+ buka karburator dengan menggunakan kunci pass 8
+ buka baut + dengan menggunakan obeng +
+ setelah terbuka lepaskan pilot jet dan main jet yang tersedia dibagian isi karburator : bersihkan pilot jet dan maen jet dengan cara
+ meniupnya atau bisa juga dengan menggunakan kompressor. pastikan tidak ada kotoran yang menempel disana.
+ bersihkan pula kotoran yang ada pada bagian badan dalam karburator.
+ setelah itu pasang kembali karburator dengan kondisi semula
+ lalu kemudian lakukan test dengan menghidupkan mesin motor anda
+ tarik tuas chuk untuk mengisi kembali BBM yang kosong di dalam karburator
+ setting pula langsam karburator dengan sesuai dengan menggunakan obeng -
+ selesai..
Tampak gambar dibawah ini menunjukan cara menservice karburator.






mohon maaf apabila ada kekurangan dalam postingan kali ini, untuk para mekanik/para rider yang tahu dalam melakukan SERVICE KARBURATOR MOTOR di persilahkan untuk melengkapi/menambahkan tulisan ini dengan cara berkomentar, terimakasih semoga bermanfaat dan salam jabat erat.


2 comments:

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan
terimakasih dan semoga bermanfaat!

JUAL PANGKON BREKET STAMPER KUDA MIKASA MTR 80 085710575024

 Pangkon stamper kuda atau dudukan mesin stamper khusus mikasa mtr 80, yang mau modidikasi ganti mesin pake tipe honda gx 160 ataupun sejeni...