Visitor

Thursday, 16 January 2014

Cara Mengobati Alergi, Kaligata, Atau Biduran.



Postingan Kali ini akan membahas tentang kesehatan yaitu bagaimana Cara Mengobati Alergi, Kaligata, Atau Biduran? tentunya penyakit ini bukanlah penyakit yang aneh di dengar akan tetapi hampir setiap orang setidaknya pernah mengalaminya, dan hal ini tentunya sangatlah menyebalkan bagi para penderitanya, sebelumnya kita harus mengetahui dulu apa itu alergi, kaligata, atau Biduran? menurut Wikipedia nama lainnya yaitu Urtikaria (dikenal juga dengan “hives, gatal-gatal, kaligata, atau biduran”) adalah kondisi kelainan kulit berupa reaksi vaskular terhadap bermacam-macam sebab, biasanya disebabkan oleh suatu reaksi alergi, yang mempunyai ciri-ciri berupa kulit kemerahan (eritema) dengan sedikit oedem atau penonjolan (elevasi) kulit berbatas tegas yang timbul secara cepat setelah dicetuskan oleh faktor presipitasi dan menghilang perlahan-lahan.

Dan apa penyebabnya dari masalah tersebut? Wikipedia pun menjawab Diduga penyebab urtikaria bermacam-macam, diantaranya : Obat, Makanan, Gigitan/ Sengatan serangga, bahkan foto sensitizer, inhalan, kontaktan, trauma fisik, infeksi, dan investasi parasit, psikis, genetik, dan penyakit sistemik. Dan bagaimana cara mengobatinya ? simak dulu yuk disini admin akan Sharing sebab akibat serta cara mengobati yang berkaitan dengan hal ini.

Dan ini terjadi 4 hari yang lalu pada awalnya siang itu admin sedang diluar untuk melakukan aktifitas yang cukup mengeluarkan keringat, dan kebetulan hari itu sedang turun hujan singkat cerita mungkin karena telat mandi sehingga admin mandinya di sore hari, kejadian gatal-gatalnya pun terjadi ke esokan harinya setelah melakukan aktifitas yang sama, seingat saya sempat makan ikan gurame padahal sebelumnya itu tidak berpengaruh sema sekali karena admin biasa makan ikan tersebut. tepatnya pada malam hari ke 2 seluruh badan yang dimulai dari daun telinga memerah terasa gatal2 hingga menjalar keseluruh tubuh. sontak tentunya pada saat itu saya merasa risi dibuatnya bagaimana tidak seluruh tubuh rasanya penuh bentol-bentol panas dan gatal yang tidak karuan. Hingga malam itu saya tidak dapat tidur pulas. malam itu saya habiskan dengan browsing untuk bertanya kepada Mbah google bagaimana cara keluar dari problem ini? sekian banyak referensi pun didapatkan.

Apakah Alergi, Kaligata, Atau Biduran yang anda alami saat ini sama seperti yang saya alami pula berikut saya tampilkan dalam screen : berikut beberapa bintik2/bentol2 merah terdapat pada bagian badan saya dari siku tangan serta punggung.


                                                     ini tampak bentol siku pada lengan saya

                                                   ini tampak bentol siku pada lengan saya

                                                    ini tampak bentol siku pada lengan saya

                                                         ini tampak bentol pada punggung saya

Mohon maaf ya semuanya screen itu saya tampilkan sedikit(bukan porno). Meski terlihat jijik dan seram, niat saya hanya untuk shar aja semoga dapat membantu apa yang sedang anda alami saat ini, duh kalo inget kesana gelisah nih.. huhuhu

Dari mulai obat-obatan tradisional hingga obat berbahan kimia saya lakukan.

Langkah pertama tentunya saya memulai dengan pengobatan tradisional terlebih dahulu
untuk obat tradisional :

+ Cobalah Minum Air Kelapa Hijau 3x sehari ( umumnya kelapa ini berserabut merah dan rasanya agak sedikit pahit) tips ini saya dapat dari Ki Risang, terimakasih sangat membantu
+ Cobalah mandi dengan Air Daun Randu/ kapuk/ kapas, caranya ( petiklah daun Randu secukupnya kemudian rebus dengan air secukupnya sekiranya cukup untuk mandi. Dengan keadaan masih hangat/agak panas airnya dipakai untuk mandi serta daunnya yang mengeluarkan lendir di gosok-gosokan keseluruh badan kemudian bilas kembali dengan air hangat.
+ Cobalah cari Daun Sembung ( Tanaman ini biasanya suka tumbuh dengan sendirinya kalo belum tahu tanaman ini silahkan browsing terlebih dahulu) cara penggunaanya : Petik 8 Helai Daun Sembung lumatkan dan campurkan Garam satu Sendok Makan serta Bedak Viva yang kuning secukupnya biasanya kemasan sachet, caranya ( dengan mengoleskan ramuan tersebut ke bagian kulit yang gatal)resep ini dari Bapak Sudiman terimakasih ya Pak sangat membantu
+ Cobalah Balurkan Minyak kelapa Asli pada bagian Kulit yang gatal karna hal ini dapat mengurangi/bahkan menghilangkan rasa gatalnya. Resep ini dari Nenek saya terimakasih sangat membantu
+ Cobalah Mandi tanpa Sabun dengan menggunakan air hangat selama sakit.
+ Cobalah minum minuman yang serba hangat
+ Cobalah pantrangin dulu makanannya jauhi makanan yang berbau Amis co/ : udang, telur, ikan, ayam, mie instant dll.
Langkah diatas sudah saya praktekan semua dan hasilnya cukup puas setidaknya dapat membantu mengurangi rasa gatalnya dan membantu bisa tidur pulas tentunya.

karena gatal-gatalnya terkadang masih suka muncul meski sedikit, Langkah kedua pun saya lakukan yaitu
dengan berkonsultasi dengan dokter.

+ Buat anda Bila dengan cara langkah pertama masih belum sembuh sebaiknya konsultasikanlah ke dokter
+ Kala itu hari ke 3 saya pergi ke Dokter dan diberikan 3 resep Obat yakni :
+ Ramasip Siproheptadine HCI = yang saya baca untuk Alergi
+ Lerzin cetrizin 2HCI 10mg = yang saya baca untuk Gatal
+ Soldextam Dexamethasone 0,5mg = yang saya baca untuk Radang dan
+ setelah mengikuti petunjuk dokter serta berdoa kepada Alloh swt untuk meminta kesembuhan Alhamdulillah berangsur sembuh.

NB : Syukur Alhamdulillah atas kesembuhan admin oleh Alloh Swt. Serta Admin ucapkan terimakasih kepada para pengunjung blog ini terutama terkait judul postingan Cara Mengobati Alergi, Kaligata, atau Biduran. Dan postingan ini nyata dibuat berdasarkan pengalaman admin hingga apa yang admin pernah alami benar-benar sembuh sesuai alur cerita pada postingan yang dimuat diatas. Seingat admin kala itu dalam masa penyembuhan pula jadi bikin postingan ini masih didera sakit biduran juga jadi, kurang lebih 7hari setelah postingan dipublikasikan admin sudah sembuh dari penyakit tersebut sampe saat ini (update post 06/05/2017 pkl 19:30wib)

Semoga apa yang sedang sobat alami saat ini bisa lekas sembuh juga amin ya Alloh ya Robbal Alamin.
Kalo ada yang kurang jelas mengenai postingan tersebut silahkan boleh bertanya Insha Alloh dilain kesempatan akan admin balas. Terimakasih atas kunjungannya semoga bermanfaat salam jabat erat..

Admin,

122 Pendapat Pengunjung:

Indra Wongso said...

Halo kak.. Jadi selama masa penyembuhan n setelahnya makanan yg dipantang itu dimakan lagi tdk? Atau dihentikan ya? Saya sudah dr september biduran sampai akrg ga hilang2. Minum obat dokter cuma sembuh 1-2hari saja

Jaeni Dahlan said...

@Indra Wongso iya betul sekali gan selama penyembuhan u/ makanan yg berbau amis/minum air Es sebaiknya di kurangi dulu. saran saya coba minum air kelapa hijau lakukan 2x sehari/ selama seminggu/ minta resep obat yg pernah saya minum gan bisa beli diapotek ko : Ramasip Siproheptadine HCI = yg saya baca untuk Alergi
+ Lerzin cetrizin 2HCI 10mg = yg saya baca untuk Gatal
+ Soldextam Dexamethasone 0,5mg = yg saya baca untuk Radang
baru 3 hari minum hamdalah ada perubahan dan berangsur sembuh+ habiskan aja sesuai anjuran Dosis. Hamdalah sampe sekarang saya sembuh total bisa makan lagi yg amis2 gan, semoga bisa membantu dan cepat sembuh juga gan Amin..

Dayinta Akmaliyah said...

Kak apa saja pantangan saat biduran selain tdk mengonsumsi alergi. Trus apaa biduran tidak boleh terlalu sering kena angin?dan apa yg dilakukan saat alergi gatal2 tiba tiba muncul?dan cara mengatasi biduran dimuka. Trmksh:)

indah said...

Kak sy mau tanya ank sy kena biduran trs tetangga sy nyaranin minum telor kuning aym kmpung+madu ktnya biar cpt kluar trs cpt sembuh..nah itu gmn tuh sy tkutny mlh tmbh parah..tlong ksh sran..thanxs..

Jaeni Dahlan said...

@indah duh maaf ya baru sempet balas inboxnya.

Sepengetahuan saya kalo sedang didera biduran jangan dulu mengkonsumsi makanan yang berbau amis dulu mbak, seperti telur, daging, ikan dll. saya tidak menyarankan dan saya tidak mengatakan salah pula atas saran dari tetangga mbak, lebih baik segera konsultasikan dulu ke dokter,

A. saran saya coba untuk mengurangi rasa gatal baluri dengan menggunakan minyak kelapa asli,
B. Atau minum air kelapa hijau 3x sehari (umumnya berserabut merah dan rasanya agak sedikit pahit)
C. Dan alangkah baiknya konsultasikan aja kedokter mbak.

Semoga lekas sembuh untuk anaknya ya dan termakasih sudah berkunjung semoga bermanfaat.

Jaeni Dahlan said...

@Dayinta Akmaliyah
Mohon Maaf ya baru sempet balas pula inboxnya,

Pantangan saat biduran?

berdasarkan pengalaman Pribadi saya
makanan yang kita konsumsi harus diperhatikan dulu ya

1. Kurangi makanan yang serba berbau Amis seperti : Daging, Telur, Udang, Cumi,Ikan dll.
2. Kurangi juga minuman Es.
3. kurangi terkena Angin juga ( tapi ini tergantung jenis penyakit bidurannya mbak cuz saya pribadi waktu itu ndak berpengaruh)

* untuk menetralisir
saat2 alergi tiba2 muncul?
1. Minum obat sejenis anti biotik aja mbak diminum sesuai dosisnya.
2. Minum Air kelapa hijau asli 3x sehari.
3. Konsultasikan kedokter

terimakasih sudah berkunjung kurang lebihnya saya mohon maaf semoga bermanfaat.



Sirojul Mustika Rana said...

Nyiksa banget om ,, kadang kaligatanya nyampe ke wajah ..

Jaeni Dahlan said...

@Sirojul Mustika Rana Iya gan memang biasanya seperti itu kalo kaligata hampir semua bagian tubuh termasuk wajah,bahkan tak kenal waktu bereaksinya.
Saran saya coba dikurangi/pantrangin dulu pola makannya gan,
jangan makan lauk-lauk yg berbau amis
terutama Daging-dagingan, ikan, telur, dan udang (klo makan begituan biasanya cepat beraksi klo lg didera sakit ini gan)
yang terakhir konsultasikan kedokter.
semoga cepat sembuh gan. Terimakasih kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Hans said...

Gan, itu resep obatnya aturan minumnya gimana? Itu obat racik atau minum satu-satu?

Jaeni Dahlan said...

@Hans obat tersebut sudah dalam bentuk tablet dan kapsul dan untuk aturan minum sesuai dosisnya yg di anjurkan gan klo saya dulu 3x sehari atau u/ info bisa di tanya kan ke apotekernya gan. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

hans said...

Ane udah setahun ini kaligata ga sembuh-sembuh. Minum berbagai obat ga sembuh. Mau nyoba obat agan. Itu jadi kita ke apotek beli 3 obat itu kan? berarti kalo agan dulu 3 x 1 sehari jadi total 1 hari minum 3 obat dong? ato minta apotiknya racikin jadi 1 kapsul? mohon pencerahannya, mau langsung coba

Jaeni Dahlan said...

@Hans Subhanalloh kasihan sekali ente Hans, tapi saran saya sudahkah anda berkonsultasi dg dokter terlebih dahulu karena itu merupakan langkah terbaik.

Bukan 1 hari minum 3 obat,
tetapi 3x sehari tentu obatnya ada 3 macam,
nih aturan dosis yang saya pakai dulu :
A. minumnya pagi setelah makan minum 3 macam obat
B. begitupun minum siang setelah makan
C. lalu minum sore/malam setelah makan

obat itu itu semua bukan racikan tapi berupa tablet/kapsul perset, dan sudah dibuat dari pabrikannya. (jadi bukan Apoteker yg ngeracik numbuk2 masukin cangkang kapsul)

semoga bermanfaat dan cepet sembuh gan, terimakasih

Admin,




Anonymous said...

klo saya udh kena kaligatmta 12 tahun gmna ya cara sembuhin sampe tuntasnya?

Jaeni Dahlan said...

Mohon maaf lain x klo berkomentar harap cantumin nama ya biar terkesan akrab terimakasih,

@anonim : saya sarankan konsultasi dulu kedokter kulit sis/gan, agar bisa dikenali jenis penyakit kulitnya, jgn lupa kurangi pantrangan makanannya karena itu sangat memicu alerginya sis/gan, klo alternatif lain biasanya pd berendam mandi air belerang/ pemandian air panas pegunungan, insya alloh sembuh sis/gan

Anonymous said...

Harga total obatnya berapa gan?

Jaeni Dahlan said...

U/ harga Harga obat seinget saya kurang lebih 25rb gan semuanya.
Beli di apotik terdekat aja biasanya ada, semoga bermanfaat, trims sdh berkunjung

and said...

Saya ali
Saya mau tanya.
Sudah lebih 2 th sy terkena alergi klo cri2 nya seperti biduran.klo blh tau apa nama obat /kapsul untk penakit ini,yg bisa di beli di apotek..mksh...

Jaeni Dahlan said...

Mas Ali saran saya sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter kulit, agar bisa dikenali jenis penyakitnya, kalo memang jenis penyakitnya sama seperti yg saya alami, mas ali bisa coba resep dokter yg direkomendasikan ke saya waktu saya berobat dulu. u/ resepnya silahkan dibaca pd jawaban yg saya tujukan ke andri wongso. Saran tambahan coba di perhatikan pola makanannya yg bisa memicu alegri ( pantrangan ), demikian mas semoga membantu dan lekas sembuh trims kunjungannya

Hari Widodo said...

Saya Hari.... sudah 1bulanan saya mengalami hal yg sama... mohon info dokter kulit yg menangani mas Jaeni dulu...terima kasih

rahman rasyid said...

Kacooo banget gan, mana ane besok UAS. Makasih buat infonya gan, moga ente dapet pahala.

Jaeni Dahlan said...

@rahman rasyid Alhamdulillah amin Ya Alloh Ya Robbal Alamin, terimakasih gan, iya penyakit yg satu ini memang jgn dianggap sepele, semua penyakit insya alloh ada obatnya asal kita mau berobat, semua pengunjung yang hadir bersiraturahim dimari semoga lekas sembuh amin YRA, terimakasih sudah berkunjung

Jaeni Dahlan said...

@hari widodo maaf mas hari saya lupa tak nyimpen kontak dokternya, alamat praktek dokter berada di jalan raya citaringgul kec. Babakan madang Bogor, patokannya persis di seberang TB. Hong Jaya, namanya di Plangnya Dokter Jodi, semoga bermanfaat, trims sudah berkunjung

ameliana said...

Kak saya mau tanya.
Badan saya sering bentol seperti kaligata tetapo ga banyak kak .
Bengkak itu lebih sering terjadi dibibir saya jika cuaca dingin.
Udah kedokter tapi masih aja selalu bengkak kak.
Itu ngobatinnya kek mana ya?

ameliana said...

Kaka saya punya alergi. Jika cuaca dingin badan saya seperti biduran tapi sedikit dan bibir saya membengkak.
Itu semua hilang jika sudah siang/hari panas.
Itu kek mana ya ngobatinnya ?

Jaeni Dahlan said...

@Ameliana : btw sblm a km sudah konsultasi kedokter blm ya? Karena itu lebih baik. Itu alergi dingin ya? Sebenarnya itu normal2 aja klo pendapat saya, u/ ngatasinya Hindari tubuh dari pengaruh dingin, u/ netralisir rasa gatal baluri dg minyak kelapa asli dan sering2 minum air kelapa hijau, insya Alloh sembuh, sedikit info saya jg punya rekan perempuan, sampe saat ini dia kalo makan udang pasti bibirnya gatal dikit bengkak gitu, jd solusinya dia tak pernah makan udang lagi, karena menurut pendapat saya itu normal2 aja, kalo dia makan jenis ikan lainnya tidak mempengaruhi alergi, dan saya kira setiap orang memiliki alergi yg berbeda yg bersifat normal, Terimakasih sdh mampir semoga bermanfaat

Gino Putra said...

ass.. pak katanya kalo gatal gatal pake oil bekas kendaraan gatal2 saya udah 2 bulan mau tiga bulan. udah 2 hari saya coba memang seperti sudah sembuh tapi masih terasa gatal2

Jaeni Dahlan said...

@Gino Putra Waalaikum salam wbr wb. Aduh maaf saya tidak setuju pak, cuz berbahaya kalo menurut saya bagai mana jd nya oli bekas hasil pembakaran pd mesin dibalurkan ke kulit, bisa jd iritasi kulit pak/malah dpt menimbulkan gatal2, saran saya coba konsultasikan ke dokter dulu ya pak. Btw saya jg blm tahu jenis penyakit yg bapak alami ini gatal2 biasa disatu titik seperti jamur atau sejenisnya/ seperti biduran pak,
Pengalaman saya kalo gatal2 di satu titik/ bagian tertentu aja bisa di obati dgn :
Bevalex krim 5gr cukup di poles aja secukupnya sesuai anjuran
Minyak kelapa asli di balurkan aja
Atau bisa pake yg seger sering2 minum air kelapa hijau
Demikian pak gino putra semoga lekas sembuh dan semoga bermanfaat trims sdh berkunjung

Akira Kurokami said...

Halo gan, Emang yah Biduran iyu gatalnya nyiksa banget. Tapi katanya sih minyak tanah campur garam, terus diolesin ke tempat yang gatal/biduran dan hilang. Emang bener ya?

Jaeni Dahlan said...

@Akira Korokami Halo jg, iya betul sekali jd yg punya alergi/biduran jangan dianggap sepele ya, musti diobatin sampe tuntas. U/ pengobatan pake garam+minyak tanah maaf admin blm tahu nih, kalo admin pernah pake garam tapi tanpa campuran minyak, jadi waktu itu pake Daun sembung dilumatkan dicampur garam dan bedak viva, lalu dibalurkan u/ penetralisir rasa gatal, Atau kalo mau enak yg alami coba sering2 minum air kelapa hijau karena selain daripada itu khasiatnya banyak bgt, terimakasih sudah berkunjung,

robi atmoko said...

bro ane bingung ampe sekarang gatel gatel ku persis seperti anda. kambuh kambuhan bro.. alias kronis
berbagai cara udah. dari minum obat dokter. emang si sembuh tp itu hanya sementara ajah..minum obat yg katanya non kimia kayak propolis udh hampir 7 botol.. emg si setelah minum itu hampir tidak kambuh selama 1 tahun
tapi sekarang udah kambuh2an lagi ini..
konsultasi dokter jg pernah.. d sana cuman di kasih obat.. sama saja sembuhnya kalok minum obat
tolong saranya ya bro. sis gan

Jaeni Dahlan said...

@Anonim robi atmoko yang sabar ya gan setiap penyakit pasti ada obatnya Insya Alloh ada jalan keluarnya selagi kita ikhtiar/mau berobat.

Kisah agan Robi mengingatkan admin kembali, memang penanganan jenis penyakit yg satu ini memerlukan kesabaran Ekstra.

Saran Admin :
- Berobat lagi aja kedokter yg lain gan meski sblm a sudah pernah pergi kedokter, Kenapa? Karena setiap Dokter Memiliki pendapat Diagnosa yang berbeda, Admin sudah buktikan itu s/d pemberian Resep obatnya. Intinya biar benar-benar dpt dikenali jenis penyakitnya oleh dokter ahlinya s/d pemberian resep obat yg tepat.
- kemudian coba diPerhatikan dulu Makanan pemicu alerginya? btw gan sudah tahu belum apa aja makanannya? silahkan di baca ulang ya (jadi u/ masa penyembuhan sebaiknya Pantarin dulu yg biasa makan ikan, telur, yg amis2 lainnya serta makanan pedas distop sementara)
- Mulailah makan Makanan Yg serba Pahit gan seperti : paria/pare, Daun Mengkudu, dll bisa dijadikan Menu olahan yg baik didapur. Tujuannya u/ meminimalisir darah Kotor/manis darah, serta menyingkirkan bakteri.
- pastikan kalo setiap x berkeringat langsung diseka gan
- Mandilah dengan Air Hangat setiap Pagi
- Jangan sampe Hujan-hujanan kecuali langsung sesegera mungkin dibilas,
- Yang ini perlu dicoba gan sering2 lah minum air kelapa hijau (umumnya yg berserabut merah) minimal 3x sehari, ini Pendapat dari Ki Risang, tapi menurut pendapat admin kelapa hijau biasa juga bisa gan, cuz agak sulit dijumpai sih NB: selain itu Air kelapa hijau memiliki segudang khasiat.

Demikian saran dari admin kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat dan lekas sembuh, trims sudah berkunjung

Salam
Admin,




ukhtiy nitia said...

terimakasih infonya bermanfaat banget..
dan patut saya coba tipsnya
makasih ya :)

ukhtiy nitia said...

terimakasih infonya bermanfaat banget

Jaeni Dahlan said...

@ukhtiy nitia Ok sama-sama dan terimakasih sudah berkunjung.

d i y n i y said...

Lah ilang komen sayah

Jaeni Dahlan said...

@Diyniy maaf yang di maksud comment yang mana bu? Silahkankan berkomentar lg aja mungkin ibu keliru Insyaalloh admin Bantu dan publish trims

putra stemba said...

Assalamualakum
Maaf gan apakah air sumur itu juga salah satu pnyebab kaligata?

soal nya tiap kali setelah mandi kaligata itu kmbuh

Dulu waktu sd juga pernah mngalami kaligata tpi udah lama sembuh dan skrg kambuh lgi semenjak pindah rumah gan
Hampir tiap mlam kaligata itu muncul dan bkin tidur tdk nyenyak gan
Bagaimana cara ngobati nya gan

Pas lagi gak di rumah kaligata itu jarang muncul gan

Apakah 3 mcam obat yg anda sarankan bisa sembuh total dan tidak kmbuh lagi gan?
Dan berapa lama proses penyembuhan yg agan alami

Jika kaligata itu muncul lgi setelah di obati langkah apa yg harus saya lakukan gan

Apakah kaligata juga berakibat fatal gan?
Kalo iya apa "akibatnya?"

Jika hujan kulit saya lgsung merinding dan kmudian muncul kaligata gan
Celana jeans juga membuat goresan pada kaki saya sehingga mnyebabkan mncul nya kaligata gan

Dan yg paling aneh kalo saya berdiri terlalu lama kaligata itu msti kmbuh gan
Apa yg hrus saya lakukan gan
Trimakasih bnyak gan

Jaeni Dahlan said...

@putra stemba Waalaikum salam wbr wb,
Kalo mencermati yg agan alami mengingatkan kisah admin asli gelisah,
Yg sabar ya gan pasti ada jalan keluar.

Kalo kisah saya pertama kali di dera kaligata sewaktu SD juga gan kelas 6 kurang lebih 8 bulan tapi tidak tiap hari kadang kumat aja itu pun berlangsung kurang lebih setengah jam. penyebabnya si katanya pengaruh obat karena memang saya lg berobat jalan, berselang lama sembuh sendiri tuh, hingga terakhir postingan ini dibuat admin kena lagi kaligatanya dan jenisnya pun berbeda pada saat SD gan,
Yg ini penyebabnya karena kehujanan dan telat mandi, atau detailnya agan bisa baca lagi postingan diatas, singkat cerita berbagai obat alami dan kimia pun dilakukan selengkapnya ada di postingan juga dan Alhamdulillah sembuh hingga saat ini.

Dan saran saya buat agan :

- Sebaiknya konsultasi dulu kedokter/Sudah pernahkah konsultasi kedokter ahlinya? Berapa kali
? Masi ke dokter yg sama kah? Karena biar bisa diketahui dg baik jenis penyakitnya gan.
- kemudian cobalah pantrangin dulu makananan nya gan kalo bisa di perhatikan sudah saya posting makanan pemicu kaligata/alergi dibaca lg aja
- jaga kerbersihan badan juga gan mandi 3x sehari kalo bisa, mandi pagi pake air hangat aja,
- coba deh minum ini manfaat air kelapa hijau asli baik gan buat kesehatan sebagai penetralisir bakteri,
- kalo rekomendasi 3 macam obat yg diatas saya kurang tahu sih u/ hasilnya, klo mau dicoba jg silahkan karena memang saya sembuh dg obat itu resep dari dokter yg dulu nanganin saya.

kalo sumur kotor juga bisa jadi gan harus dikuras dulu itu sumurnya bisa jadi sarang penyakit berbau, atau berwarna, berminyak,

Usahakan mandi dengan air bersih dan jgn sampe kena hujan atau bilas sesegera mungkin

Klo menurut admin Ini kaligata kalo dibiarkan bahaya juga gan, admin aja pas di dera beginian hadeh gak bisa tidur semalaman asli, jadi tanganin langsung aja takutnya jadi kanker kulit gan,
Cuz penyakit kayak gini bikin risi jadi tangani segera dan jangan dianggap sepele gan,

Kalo masa penyembuhan kadang2 kumat biarin aja efek reaksi biasanya, cukup baluri minyak kelapa asli aja,
Tapi kalo udah sembuh tapi kadang sekali kambuh cukup pake antibiotik sejenis aja insya alloh sembuh gan selagi kita mau berobat,

Sekian kurang lebihnya mohon maaf dan trims sudah berkunjung semoga bermanfaat

Salam
Admin




Anonymous said...

Bintik2 putih d telapak tangan khususx d jari2tngan obat yg d minum apa yya ?

Jaeni Dahlan said...

PERHATIAN : Maaf ya buat sobat Dumai semuanya lain kali u/ yang MAU comment wajib cantumin NAMA (jangan pake Anonim & gak usah malu) biar terkesan lebih akrab dan sopan, Terimakasih.

@ Anonim :
bintik2 yg dimaksud itu dibagian tengah telapak tangan, yang admin tahu kayak bintik putih bernanah bening air x ya? gatel memang sih, penyebabnya kurang jaga kebersihan sering2 cuci tangan pake sabun,
u/ pantrangan jngn dulu makan ikan-ikanan dan telor,
kalo menurut admin itu gak perlu minum obat kecuali sudah parah, jadi cukup dikasih bedak heroxin aja, atau bisa di kasih cream bevalex, Insya Alloh Sembuh. trims sudah berkunjung.
dan semoga bermanfaat.

elizabet januari said...

Bang sy dh mulai kenak kaligata wktu ulg taun ke21 bulan januari dan itu nympk skrg ..pertma2 brthap cm dibetis abis tu mulai ketgn sm badan skrg udh nympk muka smpek bibir jontor ..gua malu bang masak badan gadis korengn karn gua garuk nympk lecet .law gak digaruk panas ..kumatnya pagi sm mlm kata emak gua bang alergi dingin .gua sih iy2 aja .tp skrg siang malah udh mulai dikit2 gawat bang law kumat dikampus gebetan bisa lewat .serius ini bang

Jaeni Dahlan said...

@elizabet btw km sdh konsultasi ke dokter blm ya?
Harus ditangani dulu itu biar ketahuan jenis penyakitnya, cuz alergi tu gatalnya bukan main, blm lg klo lg kumat tak kenal waktu, pas lg belajarlah, mau tidur, dikampuz dll

Kemudian coba di perhatikan dulu makanan pemicu alerginya bisa dibaca lg diatas. Dan admin kira hal ini sangat penting bgt, jd percuma klo diobati klo tak kontrol makanannya,

Klo alergi dingin bisa jadi, jd usahakan sesuaikan keadaan tubuh km dari suhu dingin

Biasakan makan makanan yg pahit guna penetralisir racun di tubuh yg alami aja
Makan Pare/paria, daun mengkudu, daun pepaya semua bisa dijadikan olahan sesuai selera.

Coba deh Minum air kelapa hijau berserabut merah 2 butir sehari

Klo lg gatal jngn digarukin klo lecet perih ya luka membekas nantinya, jd cukup diusap perlahan aja
Atau bisa dibaluri dg minyak kelapa asli,

Biasakan u/ sementara Mandi pake air hangat aja dulu

Kemudian jika badan berkeringat segera diseka/ bagusnya pakaian langsung diganti

Demikian kurang lebihnya mohon maaf semoga membantu fan trims sudah mampir

Admin,


aryo said...

mas saya sudah terkena sperti itu 4 taun...
taun pertama udah saya coba semua itu yang mas katakan..dr minum aer kelapa murni metik lngsung dr pohon itu 2 bulan saya lakuin kebetulan kebun nenek saya kepala hijaunya bnyak...
berendam aer belerang pun udah..pkoknya yg disebutin diatas semua udah..
trs 2012 cb konsul ke dokter kulit kelamin yg ckup trkenal di kota jgja..
dikasih obat bntuk lotion sama pil..
sembuh sih tp cmn sebulan..setelah itu balik lg..
yah semua cara yg mas tuliskan 90% udah saya lakuin..
dari mnhindari makan telur daging udang dll..
bahkan saya skrng malah vegetarian
trs tnya budhe saya yg seorang perawat dia bilang dibiarin aja ntar jg sembuh sendiri pling 2 taun..
tp skrng sudah 4 taun...
mnculnya ga nentu jga..
cuaca panas ato dingin kapanpun bsa mncul...

Jaeni Dahlan said...

@Aryo, klo admin perhatikan yg mas aryo alami itu blm sembuh total, jadi pas konsultasi kedokter jangan hanya sekali berobat usahakan 2 s/d 3 kali agar benar2 sembuh Total,

Langkah Pantrangan yg mas aryo lakukan itu sangat baik sekali mengurangi reaksi alergi Karna admin pun sama masi jalani itu

Ini admin sendiri saat ini gak pernah/jarang makan udang, dan klo nekat ya gatel muka deh jerawatan, setahu admin proteinnya kan tinggi tuh satu lagi makan Lele, Gurame, telur, Jeroan, itu sebenarnya admin makan juga tapi dikurangi dan tidak terlalu sering.

Dan admin kira semua orang punya jenis alergi yg berbeda, kadang mereka makan udang Tapi tidak apa2 tapi pas kena cuaca dingin alergi.
Ada juga yg gak bisa bahkan gak mau makan udang karena yakin alergi setelahnya,


Yah kalo alergi dibiarin ma gak bakalan sembuh mas lebih baik di obati terus aja sing sobar mas e pasti ada jalan keluarnya selagi mau berobat
kurang lebih itu aja saran admin semoga bermanfaat dan lekas sembuh
Trims atas kunjungannya



.

Efi Yulianti said...

Kak, obat yg di sebut di atas bisa di tebus lgsg ke apotik gk, atw hrs make resep dokter dl ??

Jaeni Dahlan Skom said...

@Efi Yulianti, maaf ya baru sempet balas ๐Ÿ˜ƒ, waktu itu admin beli obat didapat dari apotek terdekat tanpa resep. tapi biasanya klo di tempat lainnya suka ada ketentuan/prosedur kebijakan apotek itu sendiri yg umumnya wajib pake resep dokter, tapi saran admin konsultasi kedokter aja dulu sist biar dikenali jenis alerginya. semoga cepet sembuh ya trims sdh berkunjung.

Tak Kancani said...

Mas saya alergi sudah hampir 1 tahun ini dulu pas awal awal alergi saya sempat minum jamu pahitan gak sembuh trs nyoba kelapa muda dulu prnah sembuh 1 buln terus kambuh lagi sampe sekarang dh berobat kedokter 2x dkasih lerzin mpe sekarang ak masih konsumsi lerzin tiap 3hari sekali soalnya kalo gak minum lerzin gatel semua mass ak pengen penyakit ini segera ilang mas ak gak mau jadi nyandu obat lerzin terus... Gak bebas pokoknya.. Saran lainnya apa ya mas biar bisa hilangin alergi dingin ini.. Makasih mas..

Jaeni Dahlan Skom said...

+Tak Kancani Mas kalo alergi dingin sebaiknya dihindari dulu u/ konsumsi minuman dingin2/Es. hindari pula suhu/cuaca dingin air hujan, angin AC/kipas angin berlebihan serta pengaruh lingkungan lembab.
- saran admin yang pertama mendingan berobat lagi aja mas ke Dokter lain/ahlinya cari dokter kulit yang pas/cocok buat jenis penyakit alerginya mas nya, karena kalo berobat ketempat kemarin kemungkinan hasilnya sama.
- kemudian pantrangin pula makanan pemicu alergi kalo memang tidak berpengaruh sama alerginya ya silahkan aja tanpa pantrangan.
- cara enak basmi alergi minum air kelapa berserabut merah, lakukan sehari 2 butir kelapa selama proses penyembuhan
- Coba Minum Kunyit + Madu Lebah ( cari 2 siung kunyit induk kemudian diparut dan disaring sarinya + madu lebah ) diminum 2x sehari selama proses penyembuhan.
oke itu aja kurang lebihnya mohon maaf semoga bermanfaat dan lekas sembuh mas. terimakasih atas kunjungannya

okky walelangi said...

Assalamualaikum wr.wb
Saya udah hampir setahun kena pnyakit ini bang...dan udah berobat di dokter dan obat herbal..dan hanya hilang jangka waktu seminggu lalu kambuh lagi...
Kalo sya minum obt yg abang anjurkan tdi..apa boleh di selingin dengen mnun air klpa muda ny...
Trimakasih bang

Jaeni Dahlan Skom said...

+okky walelangi, Waallaikum salam Wbr wb. Kalo admin perhatiin kayaknya itu sakit yg ente alami belum tuntas gan. jadi kalo mau sembuh, berobat lagi aja jangan hanya berobat sekali dg resep seminggu habis selesai sementara masih kambuhan, lakukan berobat lagi hingga benar2 tuntas gan itu saran admin. U/ obat yg admin minum itu dapet resep dari dokter pula pas terakhir konsultasi. karena obatnya habis & kebetulan cocok pula dg penyakit admin lantas belilah resep itu di apotik terdekat. Jadi kalo memang jenis penyakit yg anda alami sama dg admin alami ya silahkan bisa dicoba, di selingin dg air kelapa muda(berserabut merah) ya tidak apa2. oke gitu aja semoga membantu & cepet sembuh gan. trims sdh berkunjung.

Rian Ashari said...

@Jaeni

Saya terkena bentol-bentol sudah 3 minggu, setiap sore pasti selalu muncul bentol-bentolnya, tetapi kalau saya minum obat CTM langsung mendingan, tetapi esoknya masih gitu juga, apa bahaya atau tidak jika setiap hari minum obat CTM, untuk merendahkan gatal-gatalnya ?

Jaeni Dahlan Skom said...

+Rian Ashari admin mau tanya sebelumnya sudah dikonsultasikan ke dokter belum gan? karena merupakan langkah awal yang tepat u/ menuntaskan apa yang agan alami. kalo menurut admin bahaya sih ya sudah jelas, belum lagi penggunaan obat tidak sesuai anjuran dokter. ketergantungan obat aja berbahaya gan bisa merusak organ tubuh lainnya. ada baiknya dikonsultasikan dulu ke dokter ahlinya gan. coba agan perhatikan kembali postingan admin terkait pantrangan, dan obat alami bisa agan coba semoga membantu dan lekas sembuh. Terimakasih sudah berkunjung

Ade Kusuma said...

bang , mau nanya , penyakit ini menular gak? soalnya pertama temen ku yang kena, trus aku, sampai ke orang tua juga , uda sekitar 4 bulanan bang, penyakitnya sama persis sama kayak abang tu , gatelnya sampai ke maaf (kemaluan bang) saya cwo , mohon pencerahannya bang , trims

Jaeni Dahlan Skom said...

+Ade Kusuma terkait type penyakit gatal yang agan alami menular atau tidaknya admin terus terang aja tak tahu, tapi sepengetahuan admin ada jenis penyakit kulit gatal yg bisa menular juga. u/ info lebih detil coba agan konsultasikan aja dulu kedokter ahlinya biar ketahuan jenis penyakitnya itu langkah awal yg baik. saran admin lainnya kurangi dan pantrangin makanan pemicu alergi selama masa penyembuhan baca lg postingan diatas. terus cobain minum air kelapa hijau sehari 1 butir, minum kunyit+madu, lakukan sehari 3 kali gan. yg bagus minum jamu godogan cecendet 2 gelas sehari ini ramuan serba pahit pokonya gan insha alloh sembuh dah. Terimakasih sudah mampir

egga aditya said...

Ega aditya,saya bru pertama kali kena penyakit ini,,seblum sya terkena penyakit ini sya pulang kerja skitar stenah 7 malam stelah itu saya makan ayam goreng (freidchiken)stelah itu sya mandi skitar jm8 mlem pake air anget sesudah mandi istri saya ngasih bju kaos yg udh aga lama sya pke bekas potong rmbut ya tentu nya sudh di cuci mungkin sisa ptongan rambut nya masih tersisah nah di situ sya mrasakan gatal sampe tengah malem gatel itu menjadi dan pagi nya pun bentol merah''2 hari sya mengalam ini kang minta solusi nya

egga aditya said...

Kang saya risih dengan pnyakit ini sya bru petama kena pnyakit ini solusinya kang

Jaeni Dahlan Skom said...

+egga aditya kalo pendapat admin setelah nyimak dari kasus kang egga diatas ada dua kemungkinan :

yg pertama bisa jadi karena sisa potongan rambut yang menempel di baju meskipun sudah di cuci

yang kedua bisa jadi bajunya jamuran karena sudah lama tak dipakai, soalnya admin pernah ngalamin sendiri pas mau pakai baju kaos yg lama/jarang dipakai itu malah ada jamuran gitu terus tak jadi pakai deh. jamuran warna putih item gitu tapi tak tampak terlihat jelas) kalo kaosnya jamuran jadi wajar kalo bisa bikin kulit gatal.

-Saran Admin kang egga silahkan konsultasikan dulu ke dokter ahlinya biar bisa dikenali jenis penyakitnya nanti juga dikasih resepnya
-kurangi dan pantrangin jika ada makanan yg bisa memicu gatalnya kang
-cobain minum air kelapa hijau sehari 1 butir + madu selama penyembuhan
-atau bisa minum kunyit+madu sehari 3x
-kalo gatalnya bisa dibaluri minyak kelapa asli kang

Demikian masukan dari admin kurang lebihnya mohon maaf dan semoga lekas sembuh. terimakasih sudah berkunjung





Anonymous said...

saya tidak mempunyai masalah alergik ..tapi tiba tiba saya mendapat biduran.. selama 2minggu setelah itu hilang.Dan tiba2 muncul lagi dalam bulan 5 saya takut jika tiba tiba saya ada masalah alergik.. adakah saya harus pergi kedokter atau mengubatinya dengan kaedah tradisional?

Dina Yulinifahdina said...

Fiuhh...gatal ini memang sangat2 menyiksa kdang saya dibikin agk sesak nafas ๐Ÿ˜ข kemaren dimlm nisfu sya'ban lgi ibadah sama suami telapak kaki gatel bngt nyiksa pokok nya.malah obat ilang gara2 tikus nakal trpaksa beli mlm2 ๐Ÿ˜ญ
beberapa hari ini gatal ditelapak kaki sangat menyiksa mmbuat agak sesak n gemetar..mas nya pernah ngerain kyak saya kh yg bikin sesak kalo sedang kambuh ??
Rencana nya saya mau konsultasi ke dokter saja..udh bosen sama gatalnya yg sekrng berasa nyiksa bngt ๐Ÿ˜…

Jaeni Dahlan Skom said...

Perhatian!!
kepada semua pengujung blog admin dimohon u/ open ID aja tak usah malu jangan pake anonymous biar terkesan lebih akrab dan sopan terimakasih.

+anonymous kalo admin nyimak sepertinya agan memang terkena penyakit gatal sejenis alergi juga itu gan, entah jenis alerginya apa yg pasti saran admin konsultasikan dulu aja ke dokter, jenis ini seperti gatal kambuhan gan bisa jadi pemicu dari jenis makanan yg sudah admin posting, silahkan aja kalo memang mau coba pake resep tradisional di atas semoga lekas sembuh trims sudah berkunjung.

Jaeni Dahlan Skom said...

+Dina Yulinifahdina
betul banget jadi jangan anggap remeh ya mbak sama jenis penyakit ini, sebaiknya segera di obati dan konsultasikan kedokter ahlinya.

wah kalo saya dulu tak bisa tidur semalaman, malah satu lagi inget waktu di sekolah kambuh lagi belajar untung gurunya bae ngasih izin pulang

kalo selagi kambuh pas admin sih tak ngalamin sesak nafas mbak cuma gatal2 ruam gitu hampir di sekujur tubuh termasuk telapak kaki kalo kena air aja langung nyambar2 gatalnya resah bukan main.

saran admin mbak konsultasikan aja ke dokter ahlinya mudah2 an ada jalan keluarnya

oke gitu aja mbak semoga lekas sembuh trims sudah berkunjung

Jaeni Dahlan Skom said...

+ Widia Wulandari menjawab komentarnya kemarin disini http://jaenidahlan.blogspot.co.id/2014/01/bagaimana-cara-membuat-teks.html

- untuk mbak widia kalo admin simak dari kasus yang mbak alami sepertinya mbak kurang tepat dalam menangani masalah penyakitnya kemaren, jadi kemungkinan berobat hanya dilakukan sekali atau dua kali aja sebaiknya lakukan terus sampe benar2 tuntas, kalo bisa cari dokter lain yang ahlinya dibidang terkait. Jadi penyakit gatel ini kudu diobati sampe tuntas jangan sekali berobat udah sementara penyakit masih kambuhan u/ itu berobatlah sampe tuntas.
- kemudian coba kurangi makanan pemicu alergi sudah admin posting boleh disimak kembali
- kalo minyak kelapa asli buatan nenek/saudara boleh dibalurkan u/ meredakan rasa gatelnya tanpa garam pun tidak apa-apa begitupun sebaliknya. (jangan pake minyak goreng beli dipasaran ya, soalnya ada komposisi tambahan)
- coba mbak biasakan minum air kelapa hijau sehari 1 butir + madu selama penyembuhan
- boleh minum kunyit + madu sehari 3 sendok makan
- perbanyak makanan yg serba pahit pare, daun mengkudu, kumis kucing godogan, cecendet daun godogan semua direbus dan disaring diminum 2 gelas sehari insha alloh sembuh.

Wilman Kadarisman said...

Saya wilman
Min kalo kopi sama rokok memperngaruhi kaligata menjadi susah sembuh gak ?

Jaeni Dahlan Skom said...

+Wilman Kadarisman kalo pendapat admin sih Rokok tidak. tapi hanya u/ Kopi bisa ngaruh bisa tidak pula tergantung kondisi kekebalan tubuhnya gan, selama tidak berpengaruh pada tubuh ya tak apa-apa tak jadi masalah. tetapi pada kasus lain kalo lagi didera gatal-gatal beginian, ada juga yang berpengaruh soalnya mungkin karena kadar gula yang berlebihan pada tubuh atau mungkin karena terlalu sering ngopi jadi darahnya manis gitu gan, jadi diharuskan mengkonsumsi makan-makanan yang serba pahit kayak jamu godogan, pare, daun mengkudu, daun pepaya dll yg bertujuan u/ menetralisir racun/penyakit dalam aliran darahnya. jadi intinya ada dan tidaknya pengaruh dari kopi & rokok tergantung dari kekebalan tubuh itu sendiri gan.
oke gitu aja gan kurang lebihnya mohon maaf semoga bermanfaat trims sudah mampir

Dede Messi Gandaria said...

Sya susan
Mau,tanya air kelapa hijau tu apa dri kelapa muda kah??
Benar2 menyiksa nich kaligata

Dede Messi Gandaria said...

Sy susan..
Mau tanya air kelapa hijau tu dri kelapa muda kah??
Sangt2 menyiksa nich kaligata..

Jaeni Dahlan Skom said...

iya betul mbak Susan air kelapa hijau muda yg berserabut merah memang khusus u/ obat dan sangat berkhasiat, umumnya agak berasa pahit gitu, tapi berhubung susah di temui pake air kelapa hijau muda biasa juga tak apa2 khasiatnya pun sama baik.
saran lain dari admin u/ proses penyembuhan coba konsumsi makanan serba pahit kayak pare, jamu godogan ciplukan, daun pepaya, daun mengkudu, boleh pilih salah satunya aja dan satu lagi konsumsi kunyit+madu 3x sehari insha alloh sembuh, trims sudah berkunjung

Ali said...

Assalamualaikum wr wb kang
Mau tanya aturan obat yg direkomendasikan dari akang ini (Ramasip Siproheptadine HCI = yg saya baca untuk Alergi
+ Lerzin cetrizin 2HCI 10mg = yg saya baca untuk Gatal
+ Soldextam Dexamethasone 0,5mg = yg saya baca untuk Radang) minumnya berapa dan berapa kali sehari ya?

Terus mau nanya akang gmn kondisinya udah sembuh dr biduran?
Saya skrg lagi parah2nya, apalagi tiap bangun tidur bentol dan ruamnya banyak bgt. Skrg lg coba pake obat cina trenggiling, terakhir saya dikasih obat dr dokter peny dalem dikasih racikan kapsul isi cerini, medixon, alloris ga begitu berefek malah hilang dan muncul. Mohon infonya kang, terima kasih. Wass wr wb.

Jaeni Dahlan Skom said...

+Ali u/ Dosis kalo beli di apotik nanti juga dikasih tahu, terakhir pemakaian saya 3x sehari. s/d postingan ini dibuat Alhamdulillah saya sembuh total,

u/ proses penyembuhan
-saran dari saya kenali dan pantrangin dulu makanan pemicu alerginya.
-lakukan konsultasi ke dokter ahlinya dokter yg tepat yg bisa mengenali jenis penyakitnya ( karna sepengetahuan saya diagnosa dokter berbeda2 hingga pemberian jenis obatnya pula.)
-konsumsi ramuan sari kunyit+madu diminum
-konsumsi minuman jamu godogan ciplukan, panglai,
-minum air kelapa hijau 2 gelas sehari
demikian saran dari saya kurang lebihnya mohon maaf dan semoga lekas sembuh

Admin

Hemif94 said...

Ass.we.wb
Sya emi, udh 2 buln ini biduran merah2 gtu makin parah Dan gatel nyiksa bgt apalgi klo kambuh di tmpt kerja, pdhal minum obt ga berenti smbuhnya cuma 2 hari kambuh lgi.
Apakah hrus dicek darah / nyoba di suntik gitu ya kang , mohon infonya

Hemif94 said...

Ass.we.wb
Sya emi, sudh 2 buln ini biduran merah2 gatel makin parah nyiksa bgt apalgi kalo kambuh di tmpat kerja, sya sudh konsul k dokter. Bhkan minum obatpun ga berenti smbuhnya smentara 2 hari kambuh lgi. Oiya trus kalo minum madu sama propolis berpengaruh jdi gatel2 ga yahh soalnya paginya sya minum madu eh siangnya kambuh parah.

Apakah harus dicek darah/nyoba disuntik gitu?
Mohon infonya mkasih.

Jaeni Dahlan Skom said...

waallaikum salam wrwb. waduh memang penyakit yg satu ini jgn dianggap sepele bikin risi, malu, tak bisa tidur lengkap deh. jadi u/ penanganan penyakit ini sebaiknya konsultasikan kedokter ahlinya, km berobat lg aja jgn putus asa ya insha alloh sembuh itu yg pertama dari admin, kemudian selama proses penyembuhan pantrangin makanan pemicu alergi ada di komentar sebelumnya, coba km minum kunyit+ madu selama penyembuhan, tambahin pula minum air kelapa hijau 1 atau 2 butir sehari selama penyembuhan, kalo kamu suka jamu pahit yg suka digendong minta satu gelas sehari boleh diminum u/ penetralisir kuman, kalo minum obat harus tuntas ya biar tidak kambuhan, ok itu aja dari admin kurang lebih mohon maaf semoga lekas sembuh ya aminn

Maliq Qowly said...

Mas robi saya mengalami hal yg sama.. Minta info nya mas kalo udah sembuh?

Maliq Qowly said...

Saya malik.. Ass. ..saya mengalami hal yg sama .udah enam bulan. Udah ke dokter.udah minum jamu rutin tiap dua hari sekali.tapi ttep masih kambuh kambuhan..

Jaeni Dahlan Skom said...

Waallaikum salam wbrwb. mas malik sudah berapa kali berobat? masih kedokter yg samakah? saran admin terus berobat lagi aja kedokter ahlinya guna mengetahui jenis penyakit yg mas malik alami, karna sepengetahuan admin diagnosa dokter itu berbeda begitupun resep obat yg di berikannya nanti. saran lain sebaiknya pantrangin dulu makanan pemicu alergi, jangan asal makan dulu u/ sementara, cobain ramuan ciplukan 2 gelas sehari, u/ pentralisir gatalnya cukup dibalurkan minyak kelapa asli. minum juga air kelapa hijau berserabut merah rasa agak pahit cukup berkhasiat. berdoa sama alloh u/ minta kesembuhan selama berobat, insha alloh sembuh, oke itu aja kurang lebihnya mohon maaf semoga bermanfaat.
Admin

rizal r said...

gan sya sudah 3 th lebih kaligata.....sya coba munum biji mahoni terus sembuh kira2 1th an dan stelah itu kambul lagi sampai skarang.dicoba minum biji mahoni lagi eeeehhhh gk sembuh sembuh,sya coba konsultasi k dokter dan puskesmas dan setelah habis obat penyakitnya datang lagi..........
Mohon solusinya gan

Jaeni Dahlan Skom said...

Agan Rizal saran admin kalo mau sembuh total pengobatan pun harus dilakukan secara tuntas, memang benar jenis penyakit ini tergolong kambuhan kalo tak diobati dg tuntas. pola makan dijaga dulu gan terutama pemicu alergi, agan rizal silahkan berobat lagi aja kedokter ahlinya dg tuntas, cari dokter lain yg pas buat ngobatin jenis penyakit agan. soalnya dari sekian masalah penyakit ini ada mudah dg cepat sembuh, dan sebaliknya. u/ penyembuhan tambahan dari admin silahkan minum kunyit + madu selama penyembuhan, minum air kelapa hijau 1 butir sehari. makan daun mengkudu di rebus/dibikin masakan dapur, minum ciplukan 1 gelas sehari (jamu godogan) boleh dipilih u/ khasiat sama . itu aja dari admin semoga lekas sembuh

ahmad faozi said...

Cobain pakai garam di balurin ke daerah yang gatal alhamdulillah satu hari sembuh tapi jangan lupa berdoa yah hehe

Jaeni Dahlan Skom said...

syukur alhamdulillah buat agan ahmad faozi. dan Terimakasih sudah berbagi Tips nya semoga bisa bermanfaat u/ temen-temen lainnya.
Salam Admin.

Puspita Sari said...

Alhamdulillah lagi cari info tentang kaligata dapet resep nih dari mas admin, mau langsung ke apotek aja deh skrg, ini kaligata bener bener menyiksa udah 3 hari terakhir, udah garuk garuk gak karuan siang malem... tapi mas obat yg disebutkan diatas apakah berefek ngantuk? Krn saya tiap hari kerja dan nyetir ke tempt kerja nya, mana harus 3 kli sehari kan ya minum nya...

Jaeni Dahlan Skom said...

iya sist semoga bermanfaat dan lekas sembuh ya. u/ dosis tanya apoteker aja nanti aturan minumnya dikasih tahu. satu lagi saran admin bantu minum madu asli aja sehari 3 kali insha alloh sembuh, kontrol makanan pemicunya juga, boleh digaruk perlahan atau mending diusapin aja soalnya berabe kalo kulitnya lecet malah perih lagi. trims sudah berkunjung.

nurien halimah al rama said...

Oiya aku jg ngalamin tp Ndak tau ini gatal jenis apa yg aku alami ini gatal di telapak kaki kanan kiri aku garuk sama aku oles minyak tawon malah bengkak, kasih solusi alternatif donk bagi info

Jaeni Dahlan Skom said...

mbak konsultasikan kedokter ya biar dikenali jenis gatalnya, kalo biduran biasanya tidak disatu titik aja, artinya bisa merambah ke bagian tubuh lainnya, coba mbak Kasih krim Betason-n 5gram / krim Bevalex 5gram, terimakasih sudah berkunjung semoga bermanfaat

okky gradak said...

Saya alhamdlah sembuh bang sya mnum obat apotik yg abang anjurkan di blog tetapi yg lerzin nya saya ganti dengan intidal....jdi alhamdlah skrg sdah gak kambuh lagi..trimkasih

Jaeni Dahlan Skom said...

Mas Okky Gradak Alhamdulillah ya Alloh Ya Robbal Alamin, hanya Alloh Swt Sang Maha Penyembuh jika kita mau berusaha dan ikhtiar pasti sembuh. Terus terang saya ikut senang mas semoga ini menjadi semangat juga buat rekan2 pengunjung postingan ini admin doain semoga pada sembuh ya Amin Ya Alloh YRA. terimakasih mas Okky gradak sudah siraturahim kembali di kediaman saya. salam by Admin

Unknown said...

Saya juga kena kaligata sebelumnya saya demam dan besoknya kaligata selama sebulan lebih saya kena kaligata sudah makan ctm hilang nah sesudah makan obat itu kaligatanya masih saja dan makan obat dari k24 tpi masih juga gimana caranya menghilangkan kaligata nya

David David said...

Saya juga kena kaligata sebelumnya saya demam dan besoknya kaligata selama sebulan lebih saya kena kaligata sudah makan ctm hilang nah sesudah makan obat itu kaligatanya masih saja dan makan obat dari k24 tpi masih juga gimana caranya menghilangkan kaligata nya

Jaeni Dahlan Skom said...

u/ mas David saran admin silahkan konsultasikan dulu kedokter ahlinya, biar bisa dikenali jenis penyakitnya serta penanganannya. resep yg admin post diatas atas adalah resep dari dokter yg pernah tangani admin pula. kalo jenis penyakitnya sama mungkin bisa dicoba. resep alami silahkan minum air kelapa hijau 2 butir sehari, madu dan kunyit di parut disaring sarinya minum 3x hari sehari. semoga lekas sembuh

GreenWorld said...

Kalo saya alerdi setelah dewasa, dr kecil makan seafood apa aja ga pernah alergi..pokok.nya ga ada riwayat alergi dr kecil. Kadang2 sekarag makan ikan yg sama, kdg kambung kdg ga? Klo dr yg saya baca, mgkin klo ikan yg tdk freh itu proteinya sdh terurai ato gmna jd itu yg menyebabkan alergi saya.klo msh gejala saya minum obat dexteem plus satu jam bs sembuh, tp klo sdh terlanjur banyak bentol2 nya agak lama 2-3 jam baru reda ilang...smoga bermanfaat share saya

Jaeni Dahlan Skom said...

Greenworld terimakasih mas sudah berbagi ulasan mengenai postingan terkait semoga bisa bermanfaat buat pengunjung lainnya. salam jabat erat. Admin

Unknown said...

saya bru trkena dr kecil g prnah..dan langkah ap yg harus saya ambil om....gatal mnta ampun..sakit apaan see ini

Jaeni Dahlan Skom said...

langkah pertama yg pasti kamu wajib konsultasikan dulu kedokter guna mengetahui jenis daripada penyakit alergi yg km alami, sebagai proses penanganan yg tepat serta pemberian obat resep dari dokternya, kemudian selama fase penyembuhan sebaiknya km pantrangin makanan pemicu alerginya. u/ penetralisir gatal bisa kamu balurkan dg minyak kelapa asli, boleh di barengi dg ramuan kunyit plus madu, air kelapa hijau 2 gelas sehari, kurang lebihnya itu aja semoga bermanfaat

bastiantan tan said...

Puji Tuhan atas ijinNya bisa sembuhMas terima kasih bener saya udah sembuh dg resep obatnya saya beli 1 pepel sehari mnum 3x skg g muncul saya sdh kena biduran dr june 2015 ganggu bgt dan folikulitis ringa di folikel sgt gatal dan pindah2 tp skg gatal2 berkurang dan sembuh terima ksh ya mudah2an temen2 yg msh belom sembuh bisa mencobanya dan sembuh saya baca blog ini tgl 24 nopember dan saya beli obat 25 awalnya ragu2 krn berbagai obat g sembuh dan akhir dg pasrah dan berdoa dengan ikhals saya bisa sembuh

Jaeni Dahlan Skom said...

Alhamdulillah Ya Robb ingat kawan tiada usaha yg menghianati hasil begitupun dg langkah menangani masalah biduran ini, terimakasih juga u/ mas bastian tan tan yg sudah shar kembali dimari dan semoga bermanfaat buat pengunjung lainnya.

Unknown said...

Ka saya sudah berbulan bulan sudah 4× ke dokter spesialis di hermina bogor sudah beberapa macam obat yg saya minum tapi tidak lekas sembuh...hampir setiap hari

Rafi Ibrahim said...

Ka saya mau bertanya saya sudah terkena kaligata berbulan' sampai sekarang dan sudah 4× ke dokter spesialis d hermina bogor dan saya sudah mencoba kata nenek saya memakai samak pandan dan saya meminum kelapa 3× sehari tidak lekas sembuh tlng di jawab ya ka..makasih

Jaeni Dahlan Skom said...

@Rafi Ibrahim kalo admin perhatikan mungkin agan Rafi belum ketemu dokter ahlinya gan. soalnya kalo udah berobat sampe 4x gitu belum sembuh artinya dosis obat yang diberikan belum cocok buat agan, saran admin berobat lagi aja kedokter lain yang ahlinya soalnya sejauh pengalaman admin diagnosa dokter itu berbeda sampe dg pemberian dosis obatnya nanti.
saran admin lainnya silahkan dipatrangin dulu makanan pemicu alerginya selama proses penyembuhan info jelasnya ada di postingan terkait.

boleh dibarengi dengan ramuan alami,
cobain minum kunyit + madu
sering-sering makan yang serba pahit
-daun mengkudu (bisa dibuat olahan dapur)
-pare (paria cek orang sunda mah)
-jamu gendong si mbak minta yang pahitnya aja segelas sehari
-minum jamu godogan ciplukan (daun cecendet cek orang sunda mah)
ramuan diatas silahkan bisa dipilih sesuai selera
-u/ penetralisir gatal cukup balurkan dg minyak kelapa asli
itu aja kurang lebih mohn maaf dan semoga lekas sembuh gan trims sudah mampir..

Sehat Jasmani dan Rohani said...

makasih gan informasi tentang Cara Mengobati Alergi diblog ini sangat bermanfaat

Mufidatul Fauziyah said...

Halo Kak, saya fidha.
Kak saya dulu pernah seperti itu kurang lebih selama 1 tahun. Pergi ke dokter terkadang serasa percuma bagi saya. Selama itu saya sudah mencoba mengkonsumsi obat herbal. tertapi cuma meredakan saja, bukan menghilangkan. terkadang obat tersebut tidak berefek pada alergi saya. obat dari dokter juga sebagai pereda dan akhirnya saya hanyamengkonsumsi obat dari apotek "Dexteemplus". Dan Sekarang arergi tersebut datang lagi. sudah hampir 3 bulan ini. Obat dari apotek "dexteemplus" tersebut menjadi pereda gatal saya. ketika saya pindah ke obat yang lain tidak berefek pada gatal saya. Obat tersebut menjadikan saya jadi gemuk (cuma di wajah). Pdahal dokter juga sudah menyarankan agan berhenti mengkonsumsi obat tersebut. Tetapi saya masih takut untuk berhenti mengkonsumsinya. Kak saya mau tanya, apa bila ramuan herbal/obat alami di konsumsi bersamaan dengan obat dari dokter/apotik, kira kira boleh tidak kak?
apakan ada efeksampingnya?

Terima kasih kak sebelumnya.

Jaeni Dahlan Skom said...

Hallo juga Fidha bolehkah obat kimia dibarengi dengan obat alami? kalo pendapat admin sih boleh-boleh saja, dg catatan jangan langsung berbarengan aja minum obatnya, silahkan minum obat kimia kemudian kira-kira tunggu berselang antara 2jam s/d 3 jam berikutnya baru boleh minum obat alami.

btw obat yg Fidha minum ke obat pereda gatal aja ya sejenis antibiotik, saran admin lebih baik berobat lagi aja cari dokter yg ahlinya dan obatin sampe ke akarnya sampe tuntas jangan anggap sepele dg penyakit ini asli dibuat risi๐Ÿ˜„. semoga lekas sembuh ya.

kalo dibarengin pasti ada efek sampingnya umumnya ke mual, gejala pusing, gejala hipersensifitas lainnya, mungkin itu aja yg admin sampaikan semoga bermanfaat. terimakasih sudah berkunjung salam jabat erat.

nita damalero said...

kak.. sy juga biduran..
kalo minum obat, gatal2nya ilang..
kalo stop minum obat, gatal2 lagi..
:'( :'(

stress sy kak, tiap hari kerjanya garuk2 melulu..
skrng sy konsumsi cetirizen sirup..

bantu solusinya kak..
makasih

Jaeni Dahlan Skom said...

untuk nita kalo admin perhatikan proses pengobatannya belum sempurna. jadinya tergolong kambuhan. saran admin mending berobat aja kedokter ahlinya biar dikenali jenis penyakitnya supaya sembuh total.

saran lain kamu coba konsumsi sari kunyit + madu selama proses penyembuhan
makanan pemicu alergi sementara di stop dulu.
sering2 minum jamu gendong si mbak minta yg pahitnya aja
jadi diobatin dengan sempurna ya, jangan anggap remeh penyakit ini bikin risi soalnya.
oke itu aja saran dari admin kurang lebihnya mohon maaf semoga lekas sembuh

Ardini Ronasari said...

Ka, aku alergi gegara gurame juga ini, padahal sebelumnya makan gurame ga kenapa*. Nah sebelum tau kalo alergi dikira cuma gatal biasa aku makan yg amis* malah ini gatalnya nambah mulu..

Jaeni Dahlan said...

U/ Ardini Ronasari saran admin coba kamu konsultasikan dulu kedokter ya, barangkali kamu terkena alergi juga. U/ penanganan awal yg lebih baik nanti diberikan resep obatnya tinggal ikutin aja dosis nya. Semoga lekas sembuh ya trims sudah berkunjung

diana effendi said...

Kalau boleh kasih saran juga. Bisa juga di olesin sama minyak goreng di campur garam. Dan jangan sampe kena angin, baik angin alam maupun kipas angin.tapi jangan juga berselimut.

Jaeni Dahlan said...

U/ diana effendi terimakasih tipsnya semoga bermanfaat buat para pengunjung lainnya. Salam jabat erat

andazanie said...

saya juga kena biduran mulai dr bulan desember 2017 awal mulanya gara2 ga bisa tidur insomnia sampek rasanya jengkel banget tiba2 badan pada gatel kayak yg ada digambar trs gampang sekali kambuh malahan lebih parah krn tiap mulai keluar gatal disertai pusing sama sesak nafas sampek rasanya mau pingsan..dikasih terapi methylprednisolon slm 20hr tp dosis dikurangi sama ctm tp ga ngefek lalu ctm ak ganti lerzin jg tetep aj 2 hari skl kambuh gatal ma sesek..bener2 menyiksa..���� sampai skr sy tdk tau apa pencetusnya..mohon saran ma info dunk..����

Jaeni Dahlan said...

Andazanie liat kisahnya sangat menyentuh admin,
Saran pertama: km kudu berobat dulu ke dokter ahlinya jangan sembarang obat main konsumsi ya baiknya ada resep dokter yg tangani, ikuti dosisnya dg baik.
Kemudian selama penyembuhan kenali dulu makanan pemicu alerginya, kadang banyak penderita yang menyepelekan hal ini. Bisa dibaca ulang post admin.
Kemudian tambahin ramuan tradisional terutama yg pahit2 liat post kembali, dg tujuan sebagai penawar racun,
Kalo ada madu plus kunyit dikonsumsi aja ya ini sangat cepat sekali penyembuhannya karna zat pd madu sama kunyit sama2 punya manfaat luar biasa.
U/ pentralisir rasa gatal km boleh balurkan minyak kelapa asli.
Jaga pula kebersihan badan dari keringat, pakaian, mandi dg air hangat.
Itu aja saran dari admin kurang lebihnya mohon maaf semoga lekas sembuh trims sudah berkunjung

Imam Dermawan said...

Terimakasih artikelnya gan, kalo ane lihat foto ente, percis sama dengan yang ane alami saat ini, tapi ane belum ke dokter. Gan minta tolong artikelnya di update, hasil sampai saat ini gimana biduan ente masih tetap ada atau sudah sembuh total. Terimakasih gan.

Jaeni Dahlan said...

Sama2 gan terimakasih sudi mampir.
Semenjak postingan ini dimuat semenjak itu pula Alhamdulillah biduran saya sembuh total gan hingga detik ini.

Silahkan simak kembali ulasan saya pada postingan terkait, jika kasus biduran ente sama dg yang saya alami kemungkinan bisa diobati dg tips saya diatas. Semoga bermanfaat

Umi Hazmairoh said...

Min, obat yg admin saranin itu, dmnum trus smpai hbis y? 3x shri?

Umi Hazmairoh said...

Min, obat yg admin saranin itu dmnum smpai hbis ya? 3xshari?

Jaeni Dahlan said...

Iya betul habiskan aja sesuai dosisnya sampai dengan kalo dirasa sudah sembuh boleh di hentikan

Aris said...

min, kalo sakit begini harus ke dokter umum? atau dokter spesialis kulit? dokter penyakit dalam? soalnya sy begini juga nih.
terimakasih..

Jaeni Dahlan said...

Berobat ke dokter umum/dokter spesialis kulit sama aja gan, nanti agan minta resep obat yang bagus aja bilang ke dokternya, kalo kita niat mau berobat Insha Alloh sembuh,yang penting ditangani/ diobati. Terimakasih sudi mampir dan semoga sembuh gan

Naufal Gifari Sayid said...

Lebih baik hentikan saja sampe disekitar lingkungan kita tidak ada yg lagi kena penyakit alergi kulit

Nazhifah mesa putri said...

Sore kak.. Saya zhifah.
Saya juga lagi ngalamin gatal2 ni kak.. Klo didaerah saya namanya Galigato. Sumpah nyiksa banget... Rsa gatel ny ngk bsa dthan.. Udah merah2 smua bdan bkas garukan ni kak.. Sya udah brobat k dkter jga.. Tpi ngk ngaruh obat nya kak.. Pas mnum aj tnang gtalny.. Bbrpa ssat kmudian tmbul lgi.. Udah pake minyak zaitun sma mnyak herba sinergi jga udah.. Hsilny ttep aj kmbuh lgi kak.. Yang prahnya bkas gtel itu ada kyak biru2(lebam) kyak hbis kebentur gitu kak.. Jdi stres deh mikirin ni skit...
Mhon sranny dong kak...
Makasi ๐Ÿ˜ณ

Jaeni Dahlan said...

Buat Nazhifah mesa putri kalo admin perhatikan kasusnya sepertinya km belum ketemu dokter ahlinya,sebaiknya km cari dokter lain lagi, nanti biasanya km dapet resep yang berbeda dari resep pemberian dokter sebelumnya, dan semoga resep yang dikasih nanti benar-benar tepat bisa tuntasin jenis penyakitnya.
Karena sejauh pengalaman admin diagnosa dokter itu berbeda jadi silahkan berobat lagi kedokter ahlinya ya. Jangan sepelekan penyakit kaligata ini hadoh emang kalo lagi kumat tak kenal waktu bikin risi yah.

Saran lain dari admin ;
*U/ mengurangi rasa gatal silahkan dibalurkan minyak kelapa asli tanpa bahan campuran.
*coba usahakan dulu dikurangi pantrangin makanan pemicu alerginya ya bisa dibaca lagi postingan diatas. (Jangan sampe mengabaikan pantrangannya ya kecuali kalo sudah sembuh boleh)
*biasakan minum jamuan yang pahit-pahit kalo di jabar/jawa biasanya minum jamu si mbak minta yg pahitnya aja sehari 2 gelas selama proses penyembuhan. tujuannya untuk memininalisir racun/bakteri dalam tubuh/darah kotor.
*minum sari kunyit tambah madu 3x sendok makan sehari selama penyembuhan
*makan daun mengkudu/daun pepaya bisa dijadikan masakan dapur.
*cobain air kelapa hijau sehari satu butir ini khasiatnya banyak banget.
*saran diatas silahkan boleh pilih sesuai selera.

**untuk mandi jangan terlalu lama, kalo bisa pake air hangat dengan sabun/tanpa sabun
**jika berkeringat seka sekering mungkin
**jangan terlalu sering menggaruk dengan kuku nanti lecet dan membekas lebih baik di usap saja pada bagian yang gatalnya
**jika terkena hujan silahkan lekas mandi secepat mungkin.
Itu saja saran admin kurang lebihnya mohon maaf semoga lekas sembuh terimakasih sudah berkunjung. Wasalam

Argy MA-two said...

assalamu'alaikum admin...
saya juga penderitaNya, entah kenapa dari dulu gak pernah punya penyakit seperti ini, tapi setelah 2 thn saya bekerja di arab saudi ; saya hampir setiap hari keluar benjolan kecil yang agak merah,dan kalo di garuk atau terusik berubah melebar menjadi besar,dan hari ini tepatNya tadi siang saya memakan ice cream, terus saya langsung tidur, dan pas bangun jam 2 siang karena datang benjolan yg sangat banyak lagi di leher bagian belakang,tidak seperti biasaNya benjolan datang di bagian lengan dan punggung,apakah itu pengaruh dari konsumsi ice mungkin??

Jaeni Dahlan said...

Waallaikum salam warahmatulloh hiwabarakatu.
U/ mas Argy mohon maaf terus terang admin kurang tahu persis apa yg sedang mas alamin.
Jadi Untuk lebih detilnya sebaiknya mas konsultasikan terlebih dulu ya ke dokter ahlinya agar bisa diketahui pasti jenis penyakitnya serta pemberian resep yg tepat nantinya. Dan
Mudah-mudahan aja ada jalan keluarnya.

Saran admin lainnya
*Silahkan mengkonsumsi daun pepaya/daun mengkudu bisa dijadikan olahan dapur
*minum sari kunyit + madu 1 gelas 1 hari
*air kelapa hijau 1hari 1butir
*jamu godogan ciplukan/daun cecendet
(4 tips diatas boleh dipilih indikasi sebagai penetralisir racun/darah kotor)
*pantrangin makanan pemicu alerginya kemudian kalo ice berpengaruh sebaiknya di stop sementara
*untuk penetralisir gatal bisa menggunakan minyak kelapa asli kebagian yg gatal secukupnya.
*demikian saran admin kurang lebihnya mohon maaf semoga bermanfaat. Wasalam

Ethic A.N. said...

Kaaaa mau tanya dong, itu kok ada obat Radangny juga yah? Emg ngaruh sama radang yah klo biduran? Sya lg sakit gatal2 seoertinya biduran nih, trus di tmbah pilek dan sakit tenggorokan jdi tkut nymbung ke radang. Oiyaaa klo lg sakit biduran itu nular gk yah? Mksih mohon infonya

Jaeni Dahlan said...

Iya admin kurang tahu itu de memang resep dari dokter sendiri yang admin baca keterangannya seperti itu de Etchic a.n

Radang disini bukan radang seperti panas dalam sakit tenggorokan de. Yang admin tangkap peradangan pada kulit aja artinya seperti biar rasa gatal itu tak menjalar kebagian kukit lain saat biduran itu terjadi.

Kalo kamu lagi pilek sama radang tenggorokan bisa jadi kamu memang lagi panas dalam aja de.

Biduran jenisnya beragam de ada yang menular atau pun sebaliknya. Jadi lebih baik kamu konsultasikan dulu kedokter ahlinya ya. Biar ditangani dengan baik serta pemberian resep yang tepat juga nantinya.

Demikian itu saja yang dapat di sampaikan kurang lebihnya mohon maaf terimakasih sudah berkunjung semoga lekas sembuh. Wasalam

Admin

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan
terimakasih dan semoga bermanfaat!