Seputar Otomotif

SERVICE KARBURATOR MOTOR SENDIRI SIAPA TAKUT!

admin akan memberi sedikit ilmu dan masukan lebih baik mencoba dari pada tidak sama sekali, dan atas dasar itulah admin mampu melakukan urusan service karburatornya sendiri hingga sekarang,dan hal ini sangat mudah di lakukan bagi anda semua yang actifitasnya biasa menggunakan sepeda motor,adakalanya anda dapat meluangkan sedikit waktu liburnya untuk melakukan service karburator tersebut dan mungkin ini akan menjadi ilmu baru meskipun anda bukan seorang mekanik dan begitupun admin juga bukan seorang mekanik, dan tentunya memiliki keuntungan tersendiri yaitu memiliki pengetahuan tentang mekanik meski sedikit, serta menghemat uang saku karena tidak seperti biasanya yaitu mengeluarkan uang service.
perlu kita ketahui ada beberapa faktor gejala yang menyebabkan karburator ini harus di service antara lain :

+ Pada saat melaju motor terasa ngempos/merebet/ bahkan tiba-tiba mesin mati : bisa jadi komponen karburator kotor
+ Tidak seperti biasanya mesin susah sekali dihidupkan pada pagi hari : bisa jadi komponen karburator kotor
+ Akselarasi handle gas sama laju kecepatan tidak sesuai : Settingan Langsam / bisa jadi komponen karburator kotor/ setelan langsam yang tidak sesuai
+ Motor terlalu sering kena air terutama dipakai saat hujan atau karena terlalu sering Steam/cuci : bisa jadi komponen karburator kotor kemasukan air

baiklah kita mulai saja. sebagai contoh disini admin akan menservice karburator motor Honda Karisma

siapkan beberapa tools perlengkapan kunci antara lain :
kunci pass 8
obeng + dan -

langkah pertama :

+ buka karburator dengan menggunakan kunci pass 8
+ buka baut + dengan menggunakan obeng +
+ setelah terbuka lepaskan pilot jet dan main jet yang tersedia dibagian isi karburator : bersihkan pilot jet dan maen jet dengan cara
+ meniupnya atau bisa juga dengan menggunakan kompressor. pastikan tidak ada kotoran yang menempel disana.
+ bersihkan pula kotoran yang ada pada bagian badan dalam karburator.
+ setelah itu pasang kembali karburator dengan kondisi semula
+ lalu kemudian lakukan test dengan menghidupkan mesin motor anda
+ tarik tuas chuk untuk mengisi kembali BBM yang kosong di dalam karburator
+ setting pula langsam karburator dengan sesuai dengan menggunakan obeng -
+ selesai..
Tampak gambar dibawah ini menunjukan cara menservice karburator.






mohon maaf apabila ada kekurangan dalam postingan kali ini, untuk para mekanik/para rider yang tahu dalam melakukan SERVICE KARBURATOR MOTOR di persilahkan untuk melengkapi/menambahkan tulisan ini dengan cara berkomentar, terimakasih semoga bermanfaat dan salam jabat erat.

TIPS CARA MERAWAT BODY MOTOR AGAR TETAP KINCLONG


Merawat body motor agar tetap kinclong sebenarnya hal yang paling mudah dilakukan asalkan si pemilik motor tersebut rela meluangkan waktunya untuk si motornya kesayangannya. kalo buat saya pribadi motor itu seperti pacar gan, cuz dia yang slalu setia nemenin kemanapun saya suka, siapa ya yang betah naik motor kotor kumel, hemm kalo buat saya si malu alias gak PD gan. Tapi klo motornya bersih kinclong bah,, yakin beda dah suasananya yang pasti tambah ganteng aja penunggangnya he,,, dan sering kali saya mendapat pujian dari kawan - kawan Rider. celotehnya si " Gan harerang bae gening motorna euy" ( gan makin kinclong aja nih motornya ) serentak gigi w terbuka lebar saat itu jua he,,, 

ini dia gan pacar Admin yang sudah di poles



Mari langsung kita simak bareng aja ini dia tipsnya :

saya ingatkan Sebelumnya Agan2 harus memiliki beberapa perlengkapan kebersihan yang mendukung seperti :


1. Kain Lap yang halus : kain inilah yang akan gunakan dan jangan gunakan kain yang kasar karena dapat membuat body motor baret

kain ini pula dapat di gunakan pada saat mencuci maupun pada saat pemolesan

2. kain serat ( kanebo ) : kain yang satu ini para Rider saya yakin pada punya dan tahu juga fungsinya

3. Kuas ukuran sedang : untuk menjangkau kotoran yang perlu di bersihkan dapat juga di gunakan pada saat semir ban

4. KIT WASH AND GLOW CAR SHAMPOO: cairan ini di gunakan pada saat agan sedang mencuci motor gan : dan pada saat mencuci lakukan dengan

gerakan memeutar gan agar tidak baret gan

5. TURFLE WAX METALLIC ( METALLIC CAR WAX ) : nah ini adalah vitamin cat untuk membuat kinclong body motor anda

6. KIT BLACK MAGIC TIRE GEL : yang ini dipoleskan di bagian ban motor agan biar tetap terlihat ok

7. KIT CHAIN LUBE : yang berfungsi sebagain pelumas rantai agar tetap bersih dan gak pake berisik

8. BBM ( solar ) : yang satu ini berguna untuk menghilangkan Pek ( noda aspal gitu gan ) terutama kalo motornya abis ujan - ujanan pada nempel tuh Pek.


pastikan anda memilki perlengkapan di atas guna mendukung hasil yang di harapkan dan semua dapat anda dapatkan di bengkel motor / mobil terdekat
dengan biaya sangat terjangkau.


Berdasarkan pengalaman pribadi ada dua tahapan dalam melakukan aksi agar motor anda terlihat tampil beda nan kinclong
dan cara yang dilakukan ini cukup mudah dan hasilnya pun sangat memuaskan. bahkan cara ini pun masih tetap saya lakukan hingga saat ini.

Ada dua tahapan yang harus di perhatikan yaitu sebagai berikut :

tahapan pertama melakukan pencucian

* cucilah motor anda hingga benar - benar bersih dan tanpa ada sedikitpun noda yang menempel.
jangan lupa gunakan sabun dan kain khusus seperti yang sudah tersirat di atas dan pada saat mencuci lakukanlah gerakan
memutar agar body motor tidak meninggalkan bekas ( baret ) seringkali saya melihat temen2 rider pada saat pencucian motornya itu
dengan gerakan memanjang bolak balik karena hal ini dapat mengakibatkan adanya kemungkinan body tersebut baret.
setelah selasai di cuci lalu lap lah hingga benar - benar kering so selanjut nya masik tahapan berikutnya ..

tahapan kedua melakukan pemolesan

* pemolesan dilakukan dengan mengolesi permukaan cat terlebih dahulu secukupnya dengan menggunakan TURFLE WAX METALLIC ( METALLIC CAR WAX )
lalu diamkan hingga kurang lebih setengah menit agar cairannya meresap. setelah itu kemudian laplah kembali permukaan cat tersebut dengan gerakan memutar hingga bersih
dan gunakanlah kain lap yang halus agar mendapatkan hasil yang optimal. pastikan anda memoles bagian demi bagian permukaan cat pada body motor hingga
tuntas, jangan lupa semir ban nya juga dengan KIT BLACK MAGIC TIRE GEL serta rantainya dengan KIT CHAIN LUBE dan lihat hasilnya pasti anda akan tersenyum.

Sekian semoga bermanfaat dan salam jabat erat!



Standaran
Buat para pecinta motor suzuki satria FU termasuk saya pribadi, saya mau berbagi info sedikit nih tentang kelebihan dan kekurangan motor suzuki FU , dan begitulah seiring perkembangan zaman serta teknologi sepeda motor dari type sepeda motor pasti ada kelebihan dan kekurangan termasuk motor suzuki satria FU yang akan saya dibahas ini : Kelebihan suzuki satria FU :
1. Desain body yang ramping dan enteng saat berpacu dan sangat pas buat para kaula muda
2. Hyper speed yang cukup untuk perfoma jalanan 150 cc meskipun motor kecil yang pasti ngacir abis
3. Spedometer digital yang memberikan keakuratan kecepatan saat melaju
4. Memiliki radiator sebagai pendingin oli
5. Harga jual kembali yang masih tinggi
6. Sekaligus ajang tampil gaya, abis suka banyak yang melirik
Kekurangan suzuki satria FU :
1. Rantai belakang rawan kendur minimal 2 minggu sekali wajib di setel ulang mungkin karena sesuai dengan speednya yang power sehingga perlu di setel kembali.
2. Ruang busi yang berada di atas ada kemungkinan dapat mengakibatkan motor mogok karena kemasukan air, serta dapat menimbualkan korosi pada ruang busi, usahakan saat dicuci tidak mengenai ruang busi dan pada saat parkir sebaiknya motor diparkirkan ditempat yang teduh agar tidak terkena hujan
3. Perputaran rantai keteng yang yang tergolong lemah terkadang suka bunyi namun dapat diatasi dengan service kembali
4. Konsumsi bahan bakar yang cukup menguras kantong, karena motor suzuki satria FU ini mengkonsumsi kadar oktan lebih tinggi dari premium, jadi wajib pake pertamax
5. Rem cakram belakang terkadang suka bunyi , kemungkinan pada kampas remnya yang kotor namun masih bisa di atasi dengan cara membersihkannya
6. Jadi lakukanlah perawatan serta service dengan baik agar perfoma motor suzuki satria kita tetap super dan gesit.

MODIFIKASI MOTOR SATRIA FU DENGAN VELG JERUJI



Ini pake ring/velg TDR + jeruji crhome TDR

Ini masih pake ring/velg standar suzuki smash + jeruji crhome

Bagaimana Tips modifikasi motor satria FU anda agar terlihat lebih menarik? tentunya dengan tampilan baru pada kaki-kaki dengan mengganti velg Racing anda dengan ( velg jeruji ) sehingga motor anda terlihat lebih menawan. Dan tentunya tidak memerlukan biaya yang terlalu mahal.
Sparepart yang ada pada velg jeruji antara lain :Sepasang Ring,Sepasang Trombol, Sepasang Jeruji, Sepasang Bhos As, dan Sepasang Bearing ( laher ).

Berikut beberapa Tips dari saya :

1. Carilah beberapa seller/toko penyedia sparepart di kota/wilayah anda yang kira-kira di perlukan pada tahapan awal. Karena biasanya faktor harga sparepart sangatlah berbeda antara toko yang satu dengan yang lainnya.
2. Lakukanlah step by step dalam membeli sparepart yang di perlukan, karena dalam hal ini memungkinkan anda dapat mengeluarkan biaya yang relatif murah, seperti melakukan penjadwalan untuk pembelian sparepart sesuai dengan budget yang ada,misalkan minggu ini anda hanya membeli trombol belakang atau ring ketimbang Anda membeli sparepart dengan cara paketan atau /set karena hal ini sangat memboroskan dan biasanya harganya lebih mahal.
3. Cari harga sparepart sesuai budget anda, baik dari segi type,jenis atau merek yang sesuai anda butuhkan ada banyak ragam type seperti, TDR, DBS, ZIP, COMET, KAWAHARA dll.
4. Setelah sparepart semuanya terkumpul tinggallah anda untuk merakitnya, dan biasanya yang merakit tukang pres velg hehehe.
5. Setelah selesai di rakit pasanglah velg jeruji baru anda dan tidak lupa pakailah ban baru juga ya agar tampil lebih keren.
Ini dia tampilan motor Admin dengan velg jeruji dengan budget dibawah 1jt gan
     
Spesifikasi velg jeruji :

Ring TDR
Jeruji TDR (Crhome)
Trombol Crhome Depan Zox
Trombol Crhome Belakang Coyco
Piringan Cakram Zox
2 Bosh + 4 Bearing ( laher )

NB : kenalpot yang dipakai merek matahari harga 350rb jaman masih kuliah, suara nyaring lebih enteng tarikan gas buangnya.

Berikut jasa pasang.

Sekian semoga bermanfaat!

Salam Rider's dan salam Jabat Erat.

Admin

link seputar otomotif menarik yang mungkin bisa sobat kunjungi dan menginspirasi hobi sobat silahkan klik aja linknya :





Admin