Friday, April 21, 2017

Cara Mengatasi Motor Satria Fu Yang Mogok Saat Hujan

Hallo kawan Rider kali ini admin akan membahas artikel seputar otomotif dan tulisan ini admin suguhkan khusus kepada para penunggang Rider Satria Fu yang awam seperti admin, motor bebek yang mungil dengan segala kelebihan tampil kalem nan elegan soal lari jangan diragukan begitulah kecintaan admin pada jenis motor bebek yang satu ini yaitu suzuki satria fu.


Modifikasi motor admin jaman dulu

Modifikasi motor admin yang terbaru

Modifikasi motor bang Andri

Oke langsung simak aja admin akan bercerita dan berbagi pengalaman seputar ragam kejadiaan saat menunggangi satria fu terutama saat hari turun hujan sampe-sampe admin dibuat risi karena mogok mulu berkali-kali hadeh, kejadian kali ini sebenarnya seringkali admin alami tapi untuk kejadian malam minggu kemaren luar biasa dibikin kesal sama ini motor. Mogok seinget admin 8kali Sampe-sampe mampir ke bengkel motor 3kali wkwkwk jebol kantong aing dah mana buat jajan ludes.

Seingat admin mogok sampe 4 kali admin masih bisa ngatasin seperti biasa bongkar pasang busi bersihkan ruang busi dari kedapan / cipratan air hujan yang masuk keruang busi, meski akui admin bukan seorang mekanik tapi skill ini sobat rider wajib bisa ya๐Ÿ˜‚, begitu busi dibuka ya ampun benar saja ruang busi penuh air doang wadoh kenapa begini pikirku mengingat ruang busi yang berada diatas seolah menengadah alhasil air hujan masuk ke ruang busi, menyebabkan mogok apa karena saluran pembuangannya ikut tersendat, langsung aja admin cari sebatang sapu lidi buat korek lobang yang tersendat apa daya admin tidak menemukan itu batang lidi nemunya tusuk sate Alhamdulillah saat itu langsung admin korek benar saja airnya langsung turun yang tergenang di ruang busi tadi.

Setelah itu admin seka busi serta mengampelas untuk membersihkan kotoran yang ada dan ruang busi dengan kain yang sudah admin siapkan untuk keperluan terkait dan memasang kembali busi seperti semula kemudian start dan akhirnya brem brem hidup kembali Alhamdulillah.

Pokonya ini seingat admin sampe mogok 4 kali bongkar pasang busi yang admin lakukan dan berhasil tapi setelah mogok berikutnya admin nyerah mengingat kaki sudah sakit nyelah terus ๐Ÿ˜‚ lantas langsung saja bawa ke bengkel terdekat dengan cara yang sama buka tutup busi dan bersihkan area terkait dan sempat minta ganti busi akhirnya brem brem jalan lagi Alhamdulillah, mungkin karena hujan terlalu lebat dan admin juga memaksakan kehendak alhasil motor kembali mogok setelah sekian Km di lintasi. Hadoh sedih memang berasa dikerjain, mampir lagi kebengkel seperti biasa hal serupa buka busi pun dilakukan komentar mekaniknya sih bensin nyampur air jadi emang agak mbrebet tiap kali buka gas. Buka saluran pembuangan karburator untuk buang air yang ada di dalamnya. Setelelah itu mesin kembali normal dan admin melanjutkan perjalanan.

Belum sampe 1Km motor ini kenapa mogok lagi ampun ampe bosan asli dibuatnya lantas kebengkel lagi, dibongkar lagi ruang busi dicek sana cek sini sama mekaniknya alhasil ketemu kasusnya, kang ini pengapiannya bocor jadi air masuk ke ruang busi, Karet vakum kita cek juga masih bagus, dan ini yang bikin mogok sama gas jadi mbrebet. Nih kang cop/cangklong busi sudah robek jadi kalo ada cipratan air saetik oge pengapian teu sempurna kang. Saur mekanik bengkel padahal cangklong udah di solasi juga sama bengkel sebelumnya tapi masih masuk aja airnya. Tadinya minta ganti cop/cangklong baru tapi sedang kosong waduh. Mengingat malam sudah pada tutup, belum lagi hujan deras tiada hentinya apa boleh buat Jadi masih pake cangklong lama.





Alhamdulillah ini mogok terakhir dalam benak admin semoga tak mogok lagi perjalanan pun kembali dilakukan karna malam minggu sudah mulai ramai ๐Ÿ˜‚, sampe kira-kira 3Km motornya mogok lagi hadoh luar biasa kesal abis. Dengan gaya duduk diatas motor sambil narik melepas cangklong kemudian nyabut payung copnya dan tak sengaja jatuh. Alhamdulillah hujan saat mogok terakhir mulai reda sungguhan. Admin pasang kembali cop/cangklong busi tanpa memasang payung copnya. Begitu start langsung hidup tanpa mbrebet saat buka gas. Tarikan pun normal sepertinya ini udah berakhir dan gak bakalan mogok lagi pikir admin. Benar saja semenjak payung copnya dilepas motor kesayangan ini gak mogok lagi lancar jaya malam mingguan dijalan pun melaju dengan sempurna hingga selamat sampe pulang kerumah.

Jadi ini tips dari admin langkah-langkah antisipasi saat menangani motor satria fu mogok saat hujan 

1. Pastikan membawa toolls praktis bawaan seperti kunci busi, obeng, dll
2. Bawa busi baru untuk cadangan
3. Bawa ampelas halus
4. Kain lap bersih kering
5. Selalu Bawa tali kawat ( buat bersihin lobang pembuangan air pada ruang busi soalnya rentan tersumbat kalo udah maen ujan_ujanan)
6. Lalukan cara diatas jika sobat rider mengalami hal serupa.

Kalo ada yang mau nambahin atau sekedar mau sharing seputar satria fu silahkan boleh tinggalkan komentar saja. Sekian kurang lebihnya mohon maaf dan terimakasih. Salam Rider


KEPADA PARA PENGUNJUNG RIDER FU, ADMIN ADA IDE NIH SEBAGAI AJANG SHARING AJA BIAR BERMANFAAT BAGI REKAN2 RIDER FU LAINNYA, GIMANA KALO BAGI YANG SUDAH MAMPIR DIMARI PADA POSTING FOTO/GAMBAR FU KALIAN. NANTI ADMIN POSTING FOTO YANG SUDAH ADA DI POSTINGAN INI PULA BIAR LEBIH SERU.
CARANYA KIRIM FOTO FU KALIAN DI WA 085710575024 NANTI ADMIN POSTING DISINI INSYA ALLAH ADMIN ON TERUS. SALAM RIDER

ADMIN.

Keywords : penyebab motor satria fu mogok saat hujan, cara mengatasi motor satria fu yang mogok saat hujan. busi satria fu, cangkolng satria fu.



27 comments:

  1. Berarti masalahnya cm di payung tutup cangklong busi ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kasusnya cuma dipayung tutup busi/ cangklong busi cari yang bagus gan yg orginal, atau merek hokaido.
      Satu lagi lubang saluran pembuangan dari ruang kap busi musti di bersikankan gan pake sebatang lidi guna antisipasi hujan biar air tak mandek di ruang busi. Itu aja kurang lebih mohon maaf terimakasih sudah berkunjung

      Delete
    2. Mantap gan, tepat sekali penjelasannya. Situ beruntung gan nemu Tusuk cilok, kalo gak yah dikerjain juga sama motornya๐Ÿ˜‚, terimakasih sudi mampir

      Delete
    3. Bolongan bawah sebelah mana ya? Kok ga ketemu

      Delete
    4. Ada posisinya dikepala kenalpot coba buka di google.com pilih page gambar pasti ketemu, itu kalo lobangnya sudah ga keliatan berarti kotorannya sudah mandek kering biar keliatan sikat kawat dulu campur solar biasanya ada bolongannya sudah mampet.

      Delete
  2. iy gan ane jg akhir2 ini mtr suka mati/brebet tiba2 klo ujan apalagi paz kena airnya di bagian bwah mtor ap itu jg krn cangklong busi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mbrebet/mati saat huhujanan pengapian busi kemungkinan ada yg bocor coba di cek aja cangklong businya gan, terutama pada cop payung/tutup.
      Atau ada air ngendap di ruang busi, pastikan bersikan lubang salurannya persis di dekat head kenalpot tinggal di korek aja pake sapu lidi biasanya mampet.

      Itu saja kurang lebih mohon maaf dan terimakasih sudah berkunjung.

      Delete
  3. Pnya ane stiap hjan ngambek mllu gan pdhal cop businya udh d isolasi(biar kaya kabel..hhehe)
    Apa kudu gnti yak ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti aja gan saya aja robek dikit langsung ganti soalnya kalo di isolasi suka ngelupas lagi belum lagi kalo bawa pas ujan repot rembes pula kadang. Pastiin selalu bawa busi sama cangklong cadangan gan biar aman. Terimakasih sudi mampir. Salam rider


      Artikel lain tentang satria fu semoga bermanfaat shar aja dimari kalo ada tips trik seputar satri fu
      https://jaenidahlan.blogspot.com/2013/01/otomotif_5.html?m=1

      Delete
  4. Kalo punya ane habis kehujanan gan, jadi skrg pas buka gas kecil GK mau jalan tp kalo gas gede langsung lompat apanya ya kira"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di cek klop/payung cangklong nya gan, biasanya sudah longgar jadi rembes kena air, umumnya cangklong sudah keras mengering karena panas jadi tingkat kerapatan antara kabel koil sama cangklong gak rapat jadi renggang. Tapi kalo dipakai masih bagus cuma kalo dipake saat hujan berabe bisa mogok.

      Merebet gitu kaya karburator kotor tapi kalo gas gede dikit loncat. Sebenarnya itu normal aja sama ke motor admin gan kadang2. Solusinya beli cangklong asli kalo bisa mereknya hokaido pengalaman pake sangat awet tahan hujan gan. Itu aja kurang lebih mohon maaf semoga bermanfaat. Salam rider

      Delete
  5. mantaaaap, makasi informasinya admin amiin ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  6. saya gak nemuin bolongan di satria 2014 ane gan,mohon solusinya

    ReplyDelete
  7. saya gak nemuin bolongan di satria 2014 saya gan,mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada gan mungkin irtu sumbatannya sudah parah kali banyak kotoran nempel yg udah mengeras ke batu, coba di kuas pake campuran solar dulu biar larut kotorannya, biasanya lobangnya tepat di deket leher kenalpot gan kecil lobangnya segede sapu lidi.

      Delete
  8. pake acrylik pelindung busi apa aman ga ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum nyoba gan kalo bahannya tahan panas sih mungkin sementara bisa membantu

      Delete
  9. Kalau paking knalpot bocor apa bisa buat mogok juga saat hujan, sya kyak gitu soalnya lubang pembuangan sudah di colok masih tetap aja gk mau nyala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paking kenalpot bocor bisa ngaruh juga kalo pendapat saya gan, soalnya kalo air udah masuk kenalpot bakal susah hidup bikin mogok juga karena tekanan angin atau gas buang gak bisa dorong air keluar yg masuk keruang kenalpot belum lagi moncong kenalpot fu yg tinggi, jadi mestinya dilepas dulu dibersihkan kemudian diganti aja paking kenalpotnya gan, demikian pendapat admin kurang lebihnya mohon maaf semoga bermanfaat

      Delete
  10. Aing oge sarua min mindeng digawean ku si cinta ayna mah apal ning cara ngubaran panyakitna nuhun pisan ganteng.

    ReplyDelete
  11. Malam ini kejadian yang serupa saya dengan admin.. saya akan cek si FU.. semoga kedepan gak mengalami hal ini lagi! Artikel ini luar biasa membantu.. lanjutkan gan! salam rider efyu!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, semoga bermanfaat & terimakasih jua atas kunjungannya gan.

      Delete
  12. Merek cangklong busi yg bagus tahan hujan apa gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari cangklong merek Hokaido, atau beli SGP aja awet kok., kalo saat hujan masih mogok kemungkinan kabel koil yg ke cangklong renggang mungkin sudah kerut kering. Bisa di solasi merek nitto sering perawatan aja, terimakasih sudi mampir

      Delete
  13. Tah nyaho ayena mah ning,di gawean ku si eful sore tadi kokod nyeri bales engkol hidup mati kitu jeng kitu sendal jepit pegat alhmdulilah peting iye mah aya pencerahan ning,,,nuhun sehu

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan
terimakasih dan semoga bermanfaat!

JUAL PANGKON BREKET STAMPER KUDA MIKASA MTR 80 085710575024

 Pangkon stamper kuda atau dudukan mesin stamper khusus mikasa mtr 80, yang mau modidikasi ganti mesin pake tipe honda gx 160 ataupun sejeni...