Sunday, July 20, 2014

Cara Merawat Sepeda Motor Dengan Mudah

Sesekali terkadang saya selalu mendapat pertanyaan dari Teman-teman Riders tentang bagaimana cara merawat sepeda motor dengan baik. Hal ini tentunya sangat mudah dilakukan, untuk itu saya akan berbagi sedikit Tipsnya yang masih mendasar serta mudah dipahami yang berdasarkan pada pengalaman pribadi.
perlu di ketahui Admin di sini juga bukan seorang Mekanik, akan tetapi sedikit memiliki pengetahuan seputar Otomotif khususnya untuk dunia sepeda motor. Mengapa demikian karena hal sederhana seringkali admin lakukan sendiri mengenai urusan service sepeda motor pribadi. Awalnya sih modal nekat serta keingintahuan dan belajar akhirnya bisa, apa saja yang perlu diperhatikan saat melakukan perawatan sepeda motor?


Berikut tips mendasar yang harus di lakukan antara lain :

1. Pastkan selalu melakukan penggantian oli mesin secara berkala, umumnya 1 s/d 2 sekali atau berdasarkan Km yang sudah di tetapkan dan gunakan oli yang sudah di rekomendasikan sesuai dengan mesin sepeda motornya. karena hal ini akan menjamin keawetan mesin.

2. Service karburator secara berkala untuk menjaga stabilitas perfoma mesin, bersihkan semua 
kotoran/debu pada bagian karburator serta filter agar perfoma mesin salalu berjalan dengan sempurna

3 lakukan perawatan terhadap sumber arus / Aki agar kelistrikan pada motor berjalan dengan baik. lakukan stroom aki sekurangnya 6 bulan sekali agar usia aki semakin awet, dan jangan menunggu Aki mati karena arus melemah karena akan mengakibatkan kerusakan pada aki. serta menyebabkan kerusakan pada jaringan kelistrikan motor. ( Lampu-lampu )

4. Gantilah Busi secara berkala karena apabila tidak diganti akan menimbulkan kurangnya perfoma tenaga mesin karena arus busi lemah.

5. Gunakanlah BBM beroktan tinggi Pertamax agar Piston serta komponen mesin tetap terlindungi dengan baik, pengalaman pribadi piston mesin mengalami Gosong saat tune up, cara sederhana melihat akibat pemakaian BBM beroktan rendah bisa di cek di tangki BBM motornya biasanya akan terlihat seperti berkarat.

6. Rawatlah Kampas Rem dengan baik karena ini merupakan salah satu faktor keselamatan dalam berkendara serta keawetan sepeda motor.

7. Gantilah Ban Motor apabila sudah tampak terlihat Gundul. karena itu akan menjamin kesalamatan berkendara dan keawetan motor itu sendiri

8. Demikian tips dari saya kurang lebihnya mohon maaf, kalo ada yang mau nambahin monggo semoga bermanfaat,

4 comments:

  1. ganti oli tuh baiknya setelah berapa ribu KM gan?

    ReplyDelete
  2. +selimut kalo umumnya sih ganti oli motor itu setiap 1500 s/d 2000Km, ( bisa dikatakan 1 s/d 2 bulan sekali atau lebih) pemakaian normal 1bln x lebih baik tujuannya biar mesin tetap bandel dan awet. semoga membantu trims sudah berkunjung

    ReplyDelete
  3. Thx utk infonya..mampir yuk ke http://elementmtb.com/tips-merawat-sepeda-gunung-part-3/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terimakasih pula sudi mampir,
      Btw Web Agnes Maria bagus juga ya infonya juga sangat menarik.

      Delete

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan
terimakasih dan semoga bermanfaat!

JUAL PANGKON BREKET STAMPER KUDA MIKASA MTR 80 085710575024

 Pangkon stamper kuda atau dudukan mesin stamper khusus mikasa mtr 80, yang mau modidikasi ganti mesin pake tipe honda gx 160 ataupun sejeni...