Friday, September 19, 2014

Apa sih Marketing itu ?

Apa sih Marketing  itu ?

Pada ulasan kali ini admin akan membahas tentang pengertian Marketing karena tulisan ini berawal dari sebuah pertanyaan yang di ajukan oleh rekan admin. Mungkin sebagian dari teman-teman yang hadir disini sudah pada tahu apa itu marketing? Menurut Wikipedia Pemasaran (Bahasa Inggris: Marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia atau sasaran pelanggan.

Sudah dikatakan bahwa marketing itu adalah pemasaran dan apa yang di pasarkan? Yaitu berupa barang atau jasa. Dan bagaimana cara kerja seseorang yang bekerja di bidang marketing? Mungkin sebagian dari teman-teman disini juga masih bertanya-tanya marketing itu kerjanya jualan ya, betul sekali. Apakah harus selalu bekerja di lapangan, tidak selalu, dan kecuali memang harus terjun kelapangan. Ada baiknya kenali dulu pekerjaan marketing yang akan teman-teman jalani. Berikut beberapa pekerjaan di bidang marketing yang tugasnya dapat dilakukan di kantor atau lapangan berikut beberapa bidang pekerjaan yang berhubungan dengan Marketing : Marketing Office, TeleMarketing, Marketing Representative, Marketing Excecutive, General Marketing, Manager Marketing, dll

Pada intinya pekerjaan marketing di atas itu sama yaitu jualan atau melakukan pemasaran atau mencari klien (pelanggan) yang mau membeli dan memesan produk barang atau jasa yang di tawarkan itu sendiri. Tapi perlu diketahui bahwa seorang marketing juga memiliki jenjang karir jenjang karir disini tentu sangat cepat naik dibandingkan dengan jabatan pekerjaan lain contoh : Marketing Junior, naik ke Senior Marketing lalu naik ke Manager Marketing akan tetapi prosedur itu tergantung pada peraturan yang diterapkan oleh Perusahaan. Ada pula Perusahaan yang langsung mengangkat jabatan menjadi Account Manager/ Marketing Manager, tentu dengan catatan penjualannya bagus. Meski terkadang gaji yang ditawarkan relatif rendah bisa dikatakan dibawah UMR, akan tetapi biasanya marketing tidak terlalu fokus dengan bayaran yang didapat (gaji pokok). Malah penghasilan yang didapat bisa naik 2 s/d 4x lipat dari gaji yang dibayarkan setiap bulannya, tentunya dengan catatan hasil penjualan/pemasaran serta pencapaian target atau melebihi Rangking. Begitulah yang pernah saya alami pula.

Bagaimana persiapan menjadi seorang Marketing? seseorang yang akan memulai berkerja di dunia marketing tentunya harus memiliki kesiapan lebih seperti kesiapan niat, mental, dan keinginan untuk maju berkarir. Sekiranya itu yang harus di persiapkan untuk menjadi senjata ampuhnya untuk menuju gerbang kesuksesan bagi marketing itu sendiri. Namun perlu di ketahui pula ilmu dan rumus sebagai kunci sukses untuk menjadi seorang marketing, fungsinya agar memudahkan untuk melakukan pemasaran produk yang akan di tawarkan. Apa saja rumus itu :

Pastikan mampu berkomunikasi dengan baik, strategi, dan negoisasi, serta Jaringan, relasi, partner kerja, organisasi dll. Namun dalam hal ini bagi marketing pemula pun tidak perlu khawatir dan cemas akan hal ini, karena dunia pekerjaan tidak ada yang Instant jadi mulailah bergerak dari sekarang memperbanyak relasi dan kenalan baru. Manfaatkan teknologi berbasis informasi, Internet, website, blog, Bbm, Jejaring Sosial ( Fb, Twit, Whatsp, Chat, dll ), Brosur, Media Cetak lain sebagainya, karena itu adalah akan mengantarkan anda menjadi seorang Marketing Handal.

Keuntungan menjadi seorang Marketing :

1. Mampu menangani problem secara langsung terhadap klien
2. Memiliki network yang luas
3. Dapat berkolaborasi di berbagai bidang pekerjaan dalam hal pemasaran
4. Peluang untuk siap berwirausaha
5. Jenjang karir cepat
6. Bonus, Insentif 
7. Mengetahui pangsa Pasar dan mampu menganalisa yang baik
8. Mengetahui situasi dan kondisi
9. Cepat dan dapat beradaptasi 
10. Marketing adalah raja pengendali perusahaan
11. dll

Jadi buat sahabat Dumai yang saat ini berprofesi sebagai Marketing jangan ngeluh ya semangat berkarir, karena Admin disini seorang marketing juga lho, percaya atau tidak mimpimu pasti kesampean dan bersyukurlah selalu maju terus pantang menyerah, dan jadilah marketing handal.
salam closing. Demikian postingan kali ini kurang lebihnya mohon maaf dan semoga bermanfaat!

Admin,

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan
terimakasih dan semoga bermanfaat!

JUAL PANGKON BREKET STAMPER KUDA MIKASA MTR 80 085710575024

 Pangkon stamper kuda atau dudukan mesin stamper khusus mikasa mtr 80, yang mau modidikasi ganti mesin pake tipe honda gx 160 ataupun sejeni...