Tuesday, September 9, 2014

Memahami Makna Bersyukur Dalam Islam

Apa itu bersyukur ? dan pernahkah kita bersyukur ?

Bersyukur adalah sebuah kalimat yang bermakna luas. Dan bersyukur dapat diartikan sebagai rasa terimakasih yang sudah di berikan oleh Sang Pencipta Alam Semesta sang khalik yaitu Alloh SWT, begitulah umumnya sebagian orang mengetahuinya. Seperti ajaran Islam dalam pengucapan kalimah "Alhammdulillah hirobbil Alamin" sebagai bentuk orang yang telah beriman. Akan tetapi bersyukur itu tidak cukup hanya sampai disini masih banyak makna lain yang berhubungan dengan bersyukur. Bahkan ada kalimat mengatakan "Bersyukurlah kamu kelak akan bahagia" dan itu benar, tetapi terkadang kehadirannya selalu terabaikan oleh sebagian orang dan masih banyak yang tidak memahami makna syukur sehingga mereka tidak merasakan bahagia,

Contoh berikut beberapa ungkapan rasa syukur yang mendasar akan tetapi seringkali terabaikan :

"Beryukurlah kelak kamu akan bahagia"
"Bersyukurlah dengan nikmat saat ini"
"Bersyukurlah Atas apa yang kamu miliki yang belum tentu orang lain miliki"

Dalam Islam bersyukur itu hal yang harus di kedepankan sebagai ciri seseorang yang telah beriman dan bertaqwa kepada Alloh SWT. seperti yang tercantum pada beberapa surah berikut ini :

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah diantara rizki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepadaNya kamu menyembah.” (QS. Al Baqarah: 172).

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari-Ku.” (QS. Al Baqarah: 152).

“Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya dan agar kamu bersyukur kepada-Nya.” (QS. Al Qashas : 73).

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7).

Beberapa perlakuan yang dapat dikategorikan sebagai wujud syukur kepada sang pencipta Allah swt yaitu :
1. bersyukur atas karunia yang deberikanNya seperti diberikan nikmat sehat walafiat, panjang umur, murah rejeki,dan lain sebagainnya
2. bersyukur dengan atas rahmat yang diberikanNya dengan cara beribadah seperti menjalan iman dan taqwa kepada Alloh swt seperti menjalankan shalat 5 waktu, tahajud, bersedekah, zakat, puasa, haji, berqurban dan kebaikan lainnya dan menjauhi segala laranganNya.
3. bersyukur dengan lisan yaitu mengucapkan Alhamdulillah hirobbil alamin disetiap langkah yang sudah di lewatinya nya .

Ada sepenggal kisah singkat, mungkin fakta dan nyata, mengenai Makna Bersyukur yang akan jadi pembahasan kali ini :

Ada seseorang yang fokus bekerja keras mencari Uang, oleh karenanya bisa jadi lupa bersyukur, yang akhirnya tidak pernah merasa kecukupan, meskipun kekayaan yang dimilikinya terbilang banyak dan melimpah. dan itulah Fenoma yang terjadi saat ini. seperti contoh Informasi yang selalu tersiarkan pada pemberitaaan swasta, tentang seseorang yang di cap sebagai Tikus Kantor yang akhirnya di tahan oleh pihak berwajib, Apakah mereka tidak bersyukur? bukankah kekayaannya sudah banyak. sungguh prihatin dan pemberitaan tersebut.

Namun bisakah kita contoh seseorang Pedagang Es Mambo keliling untuk mencukupi keluarganya sehingga setiap harinya disibukan dengan menjajakan Es nya dan berkeliling dari satu tempat ketempat lainnya, panas terik, hujan tidak dihiraukannya, namun orang tersebut tetap bersyukur dengan pekerjaannya sebagai pedagang Es keliling. Meski demikian kebutuhan keluarganya selalu tercukupi hingga bisa menyekolahkan Anak-anaknya, Itulah sahabat muslim indahnya kehidupan ini jika dihiasi dengan rasa syukur. Sudah sepatutnya kita semua saatnya memahami makna Bersyukur. Terimakasih atas kunjungannya kurang lebihnya mohon maaf dan semoga bermanfaat.

Salam jabat erat


Admin



No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan
terimakasih dan semoga bermanfaat!

JUAL PANGKON BREKET STAMPER KUDA MIKASA MTR 80 085710575024

 Pangkon stamper kuda atau dudukan mesin stamper khusus mikasa mtr 80, yang mau modidikasi ganti mesin pake tipe honda gx 160 ataupun sejeni...