Friday, March 30, 2012

TUGAS KULIAH MITOS CANDI PRAMBANAN


Pada jaman dahulu kala di Pulau Jawa terutama di daerah Prambanan berdiri 2 buah kerajaan Hindu yaitu Kerajaan Pengging dan Kraton Boko. Kerajaan Pengging adalah kerjaan yang subur dan makmur yang dipimpin oleh seorang raja yang arif dan bijaksana bernama Prabu Damar Moyo dan mempunyai seorang putra laki-laki yang bernama Raden Bandung Bondowoso.
Kraton Boko berada pada wilayah kekuasaan kerajaan Pengging yang diperintah oleh seorang raja yang kejam dan angkara murka yang tidak berwujud manusia biasa tetapi berwujud raksasa besar yang suka makan daging manusia, yang bernama Prabu Boko. Akan tetapi Prabu Boko memiliki seorang putri yang cantik dan jelita bak bidadari dari khayangan yang bernama Putri Loro Jonggrang. Prabu Boko juga memiliki patih yang berwujud raksasa bernama Patih Gupolo. Prabu Boko ingin memberontak dan ingin menguasai kerajaan Pengging, maka ia dan Patih Gupolo mengumpulkan kekuatan dan mengumpulkan bekal dengan cara melatih para pemuda menjadi prajurit dan meminta harta benda rakyat untuk bekal.
Setelah persiapan dirasa cukup, maka berangkatlah Prabu Boko dan prajurit menuju kerajaan Pengging untuk memberontak. Maka terjadilah perang di Kerajaan Pengging antara para prajurit peng Pengging dan para prajurit Kraton Boko. Banyak korban berjatuhan di kedua belah pihak dan rakyat Pengging menjadi menderita karena perang, banyak rakyat kelaparan dan kemiskinan.
Mengetahui rakyatnya menderita dan sudah banyak korban prajurit yang meninggal, maka Prabu Damar Moyo mengutus anaknya Raden Bandung Bondowoso maju perang melawan Prabu Boko dan terjadilan perang yang sangat sengit antara Raden Bandung Bondowoso melawan Prabu Boko. Karena kesaktian Raden Bandung Bondowoso maka Prabu Boko dapat dibinasakan. Melihat rajanya tewas, maka Patih Gupolo melarikan diri. Raden Bandung Bondowoso mengejar Patih Gupolo ke Kraton Boko.
Setelah sampai di Kraton Boko, Patih Gupolo melaporkan pada Puteri Loro Jonggrang bahwa ayahandanya telah tewas di medan perang, dibunuh oleh kesatria Pengging yang bernama Raden Bandung Bondowoso. Maka menangislah Puteri Loro Jonggrang, sedih hatinya karena ayahnya telah tewas di medan perang.

Patung Loro Jonggrang
Maka sampailah Raden Bandung Bondowoso di Kraton Boko dan terkejutlah Raden Bandung Bondowoso melihat Puteri Loro Jonggrang yang cantik jelita, maka ia ingin mempersunting Puteri Loro Jonggrang sebagai istrinya.
Akan tetapi Puteri Loro Jonggrang tidak mau dipersunting Raden Bandung Bondowoso karena ia telah membunuh ayahnya. Untuk menolak pinangan Raden Bandung Bondowoso, maka Puteri Loro Jonggrang mempunyai siasat. Puteri Loro Jonggrang manu dipersunting Raden Bandung Bondowoso asalkan ia sanggup mengabulkan dua permintaan Puteri Loro Jonggrang. Permintaan yang pertama, Puteri Loro Jonggrang minta dibuatkan sumur Jalatunda sedangkan permintaan kedua, Puteri Loro Jonggrang minta dibuatkan 1000 candi dalam waktu satu malam.
Raden Bandung Bondowoso menyanggupi kedua permintaan puteri tersebut. Segeralah Raden Bandung Bondowoso membuat sumur Jalatunda dan setelah jadi ia memanggil Puteri Loro Jonggrang untuk melihat sumur itu.
Kemudian Puteri Loro Jonggrang menyuruh Raden Bandung Bondowoso masuk ke dalam sumur. Setelah Raden Bandung Bondowoso masuk ke dalam sumur, Puteri Loro Jonggrang memerintah Patih Gupolo menimbun sumur dan Raden Bandung Bondowoso pun tertimbun batu di dalam sumur. Puteri Loro Jonggrang dan Patih Gupolo menganggap bahwa Raden Bandung Bondowoso telah mati di sumur akan tetapi di dalam sumur ternyata Raden Bandung Bondowoso belum mati maka ia bersemedi untuk keluar dari sumur dan Raden Bandung Bondowoso keluar dari sumur dengan selamat.Raden Bandung Bondowoso menemui Puteri Loro Jonggrang dengan marah sekali karena telah menimbun dirinya dalam sumur. Namun karena kecantikan Puteri Loro Jonggrang kemarahan Raden Bandung Bondowoso pun mereda.
Kemudian Puteri Loro Jonggrang menagih janji permintaan yang kedua kepada Raden Bandung Bondowoso untuk membuatkan 1000 candi dalam waktu 1 malam. Maka segeralah Raden Bandung Bondowoso memerintahkan para jin untuk membuat candi akan tetapi pihak Puteri Loro Jonggrang ingin menggagalkan usaha Raden Bandung Bondowoso membuat candi. Ia memerintahkan para gadis menumbuk dan membakar jerami supaya kelihatan terang untuk pertanda pagi sudah tiba dan ayam pun berkokok bergantian.
Mendengar ayam berkokok dan orang menumbuk padi serta di timur kelihatan terang maka para jin berhenti membuat candi. Jin melaporkan pada Raden Bandung Bondowoso bahwa jin tidak dapat meneruskan membuat candi yang kurang satu karena pagi sudah tiba. Akan tetapi firasat Raden Bandung Bondowoso pagi belum tiba. Maka dipanggillah Puteri Loro Jonggrang disuruh menghitung candi dan ternyata jumlahya 999 candi, tinggal 1 candi yang belum jadi.
Maka Puteri Loro Jonggrang tidak mau dipersunting Raden Bandung Bondowoso. Karena ditipu dan dipermainkan maka Raden Bandung Bondowoso murka sekali dan mengutuk Puteri Loro Jonggrang “Hai Loro Jonggrang candi kurang satu dan genapnya seribu engkaulah orangnya”. Maka aneh bin ajaib Puteri Loro Jonggrang berubah ujud menjadi arca patung batu. Dan sampai sekarang arca patung Loro Jonggrang masih ada di Candi Prambanan dan Raden Bandung Bondowoso mengutuk para gadis di sekitar Prambanan menjadi perawan kasep (perawan tua) karena telah membantu Puteri Loro Jonggrang.
Hikmah yang dapat di ambil menurut pendapat Penulis. Dari mitos tersebut dapat jelaskan bahwa tidaklah mudah untuk mendapatkan cinta kasih sayang terhadap seseorang yang kita cintai apabila tidak didasari dengan hati yang bersih. Dalam artian terbebas dari perilaku atau perbuatan buruk dalam kepribadiannya.
http://dongeng.org/cerita-rakyat/nusantara/candi-prambanan.html

TUGAS KULIAH KLASIFIKASI ILMU





  Secara sederhana Ilmu budaya dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Syarat-syaratnya:

1.    Memiliki objek material dan formal
a. Objek material: adalah materi yang menunjukan bahan ilmu tersebut: alam, manusia
b. Objek formal: ialah bentuk yang menjadikan ilmu itu berdiri sendiri (otonom) yang khas dan membedakan   dengan ilmu lain. Misalnya objek formal sosiologi adalah masyarakat, psikologi mempelajari tingkah laku manusia.
2. Memiliki metode yang jelas
3. Memiliki sistematika

Ciri-ciri umum yang dimiliki ilmu pengetahuan: Hasil ilmu bersifat akumulatif dan merupakan milik bersama. Artinya hasil ilmu yang lalu dapat dipergunakan untuk penyelidikan dan penemuan hal-hal baru, tidak menjadi monopoli bagi yang menemukannya saja. Setiap orang dapat menggunakan atau memanfaatkan hasil penemuan orang lain

C. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (Depdikbud 1988)
1. Ilmu mempunyai arti sebagai suatu pengertian tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode2 tertentu yg dapat dipergunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu dibidang (pengetahuan) tersebut seperti ilmu hukum, ilmu pendidikan, ilmu ekonomi, ilmu kimia, ilmu budaya, dan lain-lain.
2. Ilmu adalah segala pengetahuan dan kepandaian tentang soal duniawi, akhirat lahir, batin, dan lain-lain. Sehingga ada ilmu agama, ilmu social,ilmu hukum, ilmu akhirat, ilmu akhlaq, ilmu tauhid, ilmu lahir, ilmu batin, dan lain-lain.

Pembahasan mengenai Ilmu Budaya Dasar
             Penyajian mata kuliah ilmu budaya dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan demikian mata kuliah ini tidak dimaksudkan untuk mendidik ahli-ahli dalam salah satu bidang keahlian yang termasuk didalam pengetahuan budaya (the humanities) akan tetapi IBD semata-mata sebagai salah satu usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nlai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri. Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut IBD diharapkan dapat :

1.Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka
2.Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemansiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
3.Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat
4.menguasahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memiliki satu bekal yang sama, para akademisi diharapkan akan lebih lancer dalam berkomunikasi.
Ilmu Budaya Dasar Merupakan Pengetahuan Tentang Perilaku Dasar-Dasar Dari Manusia
Unsur-unsur kebudayaan
1. Sistem Religi/ Kepercayaan
2. Sistem organisasi kemasyarakatan
3. Ilmu Pengetahuan
4. Bahasa dan kesenian
5. Mata pencaharian hidup
6. Peralatan dan teknologi

Fungsi, Hakekat dan Sifat Kebudayaan Fungsi Kebudayaan
             Fungsi kebudayaan adalah untuk mengatur manusia agar dapat mengerti bagaimana seharusnya bertindak dan berbuat untuk menentukan sikap kalau akan berbehubungan dengan orang lain didalam menjalankan hidupnya.
kebudayaan berfungsi sebagai:
1. Suatu hubungan pedoman antar manusia atau kelompok
2. Wadah untuk menyakurkan perasaan-perasaan dan kehidupan lainnya
3. Pembimbing kehidupan manusia
4. Pembeda antar manusia dan binatang

Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Ruang lingkup ilmu budaya dasar bertitik tolak dari dua masalah pokok:
• Pendekatan Aspek-aspek kehidupan yang merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya dengan menggunakan pengetahuan budaya, baik dari segi disiplin ilmu dalam pengetahuan kebudayaan maupun gabungan disiplin ilmu dalam pengetahuan budaya.
• Hakekat manusia yang beraneka ragam
Dari dua masalah pokok diatas, manusia adalah posisi sentral yang menjadi obyek pengkajian, bagaimana hubungan manusia dengan alam, antara sesama manusia, dengan dirinya sendiri, dan terutama hubungan manusia dengan Tuhan.
Pokok bahasan yang dkembangkan adalah:
• Manusia dan cinta kasih
• Manusia dan keindahan
• Manusia dan penderitaan
• Manusia dan keadilan
• Manusia dan pandangan hidup
• Manusia dan tanggungjawab dan pengabdian
• Manusia dan kegelisahan
• Manusia dan harapan

            Point-point pokok bahasan diatas dapat didekati dengan cabang-cabang ilmu pengetahuan kebudayaan secara sendiri-sendiri maupun secara gabungan dari cabang-cabang ilmu budaya yang ada.
Ilmu budaya dasar bukan ilmu sastra, ilmu tari, ilmu filsafat atau ilmu-ilmu lainnya yang ada dalam ilmu pengetahuan budaya.ilmu budaya dasar adalah ilmu yang mempergunakan karya-karya yang terdapat dalam pengetahuan budaya untuk mendekati maslah-masalah kemanusiaan dan budaya.
Kesimpulan
Pandangan tentang ilmu dan klasifikasinya Gagasannya tentang ilmu ini juga mendasari sistem secara umum terutama pada menguraikan pandangan tentang kebudayaan manusia untuk saling menghargai antar sesama budaya lainnya.
Tambahan sumber :
http://galih-indra-tillah.blogspot.com/2011/01/pengertian-ilmu-budaya-dasar_06.html



Thursday, February 9, 2012

PUISI SANG PEMUJAMU


SANG PEMUJAMU,,


Kasih tinta ini akan selalu mengalir tentangmu

tentang rasa yang tercurah dalam hati

hati sang kestria kodok kesatria pemujamu

betapa bahagianya aku mengenal dirimu

dan akulah kesatria pemilik hatimu

hingga detik ini dan tak akan pernah terganti


RINDU KASIH,,


Malam ini masih terasa sangat muda

namun keheningan ini sudah mulai nampak

seiring desisan angin yang membekukan jiwa

aku masih disini sendiri tanpa hadirmu

dibawah naungan cahaya rembulan

berharap engkau datang untuk menemani

menghapuskan jiwa_jiwa yang sepi

jiwa sang pemilik hatimu


SENYUMAN MU,,

Kasih aku ingin selalu tersenyum bersamamu

tiada hari tanpa senyummu

senyumanmu adalah senyumanku

tetaplah engkau tersenyum bersamaku

hingga akhir waktu


DIRIMU SEINDAH PURNAMA

Kasih betapa anggunnya kulihat langit malam ini

indah berbinar berselimut bintang di angkasa

ingin rasanya ku habiskan waktu bersamamu

mengisi hari hingga malam usai

agar aku selalu hidup indah denganmu

seindah purnama di malam ini


SAYANGILAH AKU

kasih sayangilah diriku

dekaplah hatiku dan peluklah jiwaku

bawalah aku keduniamu

yang penuh cinta dan penuh warna

biarkanlah aku selalu disana di sampingmu

agar aku slalu hidup indah bersamamu

hingga akhir waktu


By:Admin,

Friday, February 3, 2012

OTOMOTIF ( KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SUZUKI SATRIA FU )

Buat para pecinta motor suzuki satria FU termasuk saya pribadi, saya mau berbagi info sedikit nih tentang kelebihan dan kekurangan motor suzuki FU , dan begitulah seiring perkembangan zaman serta teknologi sepeda motor dari type sepeda motor pasti ada kelebihan dan kekurangan termasuk motor suzuki satria FU yang akan saya dibahas ini : Kelebihan suzuki satria FU :
1. Desain body yang ramping dan enteng saat berpacu dan sangat pas buat para kaula muda
2. Hyper speed yang cukup untuk perfoma jalanan 150 cc meskipun motor kecil yang pasti ngacir abis
3. Spedometer digital yang memberikan keakuratan kecepatan saat melaju
4. Memiliki radiator sebagai pendingin oli
5. Harga jual kembali yang masih tinggi
6. Sekaligus ajang tampil gaya, abis suka banyak yang melirik
Kekurangan suzuki satria FU :
1. Rantai belakang rawan kendur minimal 2 minggu sekali wajib di setel ulang mungkin karena sesuai dengan speednya yang power sehingga perlu di setel kembali.
2. Ruang busi yang berada di atas ada kemungkinan dapat mengakibatkan motor mogok karena kemasukan air, serta dapat menimbualkan korosi pada ruang busi, usahakan saat dicuci tidak mengenai ruang busi dan pada saat parkir sebaiknya motor diparkirkan ditempat yang teduh agar tidak terkena hujan
3. Perputaran rantai keteng yang yang tergolong lemah terkadang suka bunyi namun dapat diatasi dengan service kembali
4. Konsumsi bahan bakar yang cukup menguras
kantong, karena motor suzuki satria FU ini mengkonsumsi kadar oktan lebih tinggi dari premium, jadi wajib pake pertamax
5. Rem cakram belakang terkadang suka bunyi , kemungkinan pada kampas remnya yang kotor namun masih bisa di atasi dengan cara membersihkannya
6. Jadi lakukanlah perawatan serta servis dengan baik agar perfoma motor suzuki satria kita tetap super dan gesit, salam jabat erat..

Thursday, February 2, 2012

OTOMOTIF ( TIPS MERAWAT RANTAI SEPEDA MOTOR MOTOR )

Dalam masa memasuki musin penghujan kali ini sering-seringlah buat anda para Rider membersihkan rantai sepeda motornya agar poros putar gear slalu bersih dan tidak kotor serta tidak berisik. Langsung aja ini dia :
1. Siapkan beberapa kunci pas yang di butuhkan kemudian
2. Lakukanlah pembersihan rantai dari kotoran debu atau oli yang menempel serta gear depan dan belakang dengan menggunakan solar dan sikatlah sampai bersih.
3. Pasang dan atur kembali ketegangan rantai dan jangan terlalu kencang dan juga terlalu kendur karena dapat mengakibatkan rantai putus. atau anda dapat Pakai pengukur mistar (atau secara visual mengukur saja)
4. Sebaiknya rantai diinspeksi setiap 800 – 1.000 Km atau rata-rata 2 kali sebulan sekali.
5. jangan menggunakan oli bekas sebagai pelumas lantai karena dapat menyebabkan rantai aus.
6. Gunakanlah pelumas rantai khusus seperti (lji chain weak)PRIMO SLICK WAX atau LUBE WAX atau pelumas sejenis lainnya.
7. Rantai anda sudah kinclong lagi dech dan semo
ga bermanfaat..

Friday, April 8, 2011

BANK SYARIAH SEBAGAI SALAH SATU SOLUSI YANG PRAGMATIS

BANK SYARIAH SEBAGAI SALAH SATU SOLUSI YANG PRAGMATIS
Pada dasarnya manusia sebagai mahkluk Allah SWT adalah makhluk sosial dan tidak bisa bersifat individualistic dan tidak membutuhkan bantuan dari orang lain, karena semua yang ada di muka bumi ini adalah milik Alloh semata, dan manusia adalah kepercayaan allah di bumi ini sebagai khalifah (pemimpin) dalam artian untuk menjaga dan memanfaatkannya dengan baik, baik dalam menjalankan kegiatan ekonominya maupun bermuamalah dengan yang lain, Islam sangat mengharamkan sekali kegiatan riba, yang dari segi bahasa berarti "kelebihan" Dalam Al Qur'an surat Al Baqarah ayat 275 disebutkan
الدين يأ كلون االربأ لا يقومون الا كما يقومو الدى يتخبطه الشيطان من المس دلك بأنهم قالواانماالبيع مثل الربوا واحل الله البيع وحرم الربوا
bahwa Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gilaKeadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba...
Namun perlu diketahui bahwa riba itu ada dua macam yaitu : pertama : riba nasiah dan fadhi. Riba nasiah ialah pembayaran lebih yang disyaratkan oleh orang yang meminjamkan.kedua : riba fadhi ialah penukaran suatu barang dengan barang yang sejenis, tetapi lebih banyak jumlahnya karena orang yang menukarkan mensyaratkan demikian, seperti penukaran emas dengan emas,padi dengan padi dan sebagainya. Riba yang dimaksud dalam ayat ini adalah riba nasiah yang berlipat ganda dan umum terjadi dalam masyarakat Arab zaman Jahiliyah, nah kegiatan seperti inilah yang membuat keterpurukan ekonomi secara hakekatnya, walaupun dalam penilaian banyak orang tidak seperti itu tetapi ketika kita menilik jauh tentan hal ini maka kita akan tau bagaimana dampak sistem ribawi terhadap kemajuan ekonomi umat.
Perbankan Islam adalah bentuk layanan keuangan beretika dan bermoral yang prinsip dasarnya bersumber dari Syariah (ajaran islam). Elemen penting dari Syariah adalah larangan terhadap bunga (Riba), baik nominal, sederhana atau bunga berbunga, berbunga tetap maupun berbunga mengambang. Elemen lainnya mencakup penekanan pada kontrak yang adil, keterkaitan antara keuangan dengan produktivitas, keinginan untuk membagi keuntungan dan larangan terhadap judi serta berbagai ketidakpastian lainnya. Dalam dunia perbankan yang semakin kompetitif, insentif yang mana hal ini sudah menjadi kebijakan dari bank yang bersangkutan. Hal ini dilakukan dalam upaya merangsang semangat masya-rakat dalam menabung dan sekaligus sebagai indikator kesehatan bank. pada masa krisis seperti ini jelas tidak memungkinkan adanya dukungan terhadap pola pengembangan ekonomi kerakyatan yang menjadi issu panas pada saat itu. Sehingga diperlukan sebuah perangkat baru dalam hal lembaga keuangan bagi masyarakat kita yang tentunya bukan berupa sistem bunga (capital),dan sebagai salah satu dari pengobatan alternatif bagi perekonomian dunia dan Indonesia khususnya yang sedang sakit, yaitu sistem bagi hasil (murabahah) dan system system yang lain yang dikenalkan oleh perbankan syariah. Keunggulan sistem perbankan syari’ah ini membawa dampak positif bagi perkembangan ekonomi syariah (Islam) di Indonesia, selain memicu lahirnya bank-bank baru dengan sistem syariah, juga banyak perbankan konvensional yang membuka cabang syariah, bahkan beberapa bank konvensional melakukan konversi total ke sistem syari’ah
Perbankan syariah sebagai alternatif dari dari sistem perbankan konvensional yang diharapkan dapat menggerakkan sektor riil (moneter based economy).karena itu perbankan syariah memerlukan pengaturan khusus. Aturan tersebut harus dapat menampung berbagai kepentingan tidak saja umat Islam, tetapi juga non Muslim karena perbankan syariah bersifat universal. Dan perbankan syariah adalah industri yang masih berubah, berkembang dan tumbuh. Berawal dari bank komersial ke transaksi sindikasi serta permodalan, dan saat ini, ke penerbitan hutang dan produk terstruktur. Tahap awal, pertumbuhan industri merupakan cerminan dari pertumbuhan ekonomi di negara-negara Islam, yang terutama didorong oleh kekayaan dari hasil minyak. Hal ini menciptakan tumbuhnya segmen kelas menengah dan menjadikan perbankan sebagai jasa yang diperlukan oleh kelompok masyarakat yang lebih luas. Meningkatnya pengetahuan mengenai perbankan Islam telah mendorong konversi dari perbankan konvensional dan tingginya tingkat pertumbuhan (15-20% di pasar utama)
Mengapa perbankan syariah dapat disebut sebagai salah satu solusi yang signifikan?dapat kita gambarkan bahwa Pertama, Sistem bagi hasil terbukti lebih kenyal dan tangguh dalam menghadapi goncangan krisis moneter; Kedua, Secara sosiologis mayoritas perbankan syariah berada di Negara muslim yang mayoritas berpenduduk muslim khususnya penduduk Indonesia yang mayoritas muslim muslim; Ketiga, Secara teologis, implementasi sistem syari’ah merupakan realisasi komitmen seorang mukmin kepada ajaran Islam; Keempat, Secara bisnis pragmatis lebih menguntungkan, khususnya penduduk Indonesia yang mayoritas muslim. Wacana menyangkut peran perbankan Syari’ah dalam pemberdayaan ekononomi di Indonesia ada sudah semenjak lama, namun mulai mengalami perkembangan pesat baru sekitar tahun sembilan puluhan, yaitu pasca berdirinya Bank Muamalat Indonesia (BMI), yang kemudian diikuti pula dengan berdirinya Bank Perkreditan Rakyat Syari’ah (BPRS) di beberapa daerah. Semenjak itu keberadaan lembaga-lembaga ekonomi dan keuangan yang sistem operasionalnya didasarkan kepada hukum syari'ah menjadi trend tersendiri dalam menjawab tantangan ekonomi kerakyatan. kelebihan bank syariah dibandingkan bank konvensional. adalah perbankan syariah memiliki karakteristik unik yaitu berperan dalam mendukung sektor sosial disamping fungsi utamanya sebagai lembaga komersial. Karenanya wajar jika banyak pihak menunggu kontribusi perbankan syariah dalam ikut mengentaskan penduduk miskin. Industri perbankan Syariah saat ini bernilai ratusan miliar dolar, dan terdiri dari lebih dari 300 lembaga keuangan baik di dalam maupun di luar negara Islam. Merupakan hasil dari upaya kolektif para bankir, ahli ekonomi serta ahli-ahli hukum Islam selama beberapa dekade untuk mengembangkan solusi keuangan yang memenuhi nilai religius kaum Muslim berdasarkan peraturan agama Islam.Industri ini (perbankan syariah) relatif masih muda dan berkembang, serta terus berubah dan meluas baik secara finansial maupun geografis. Sifatnya murni dan berfokus pada masyarakat; melayani Muslim baik di lingkungan mayoritas Muslim maupun di lingkungan kaum muslim minoritas di negara non-Muslim. Lebih lanjut, terdapat paradigma umum individu dan masyarakat non-Muslim yang mencari solusi keuangan yang beretika juga tertarik pada perbankan Islam.

Tambahan sumber : www.alumnimanawipari.com

PERBEDAN EKONOMI ISLAM (BANK SYARIAH) DENGAN EKONOMI KAPITALIS (BANK KONVENSIONAL

PERBEDAN EKONOMI ISLAM (BANK SYARIAH) DENGAN EKONOMI KAPITALIS (BANK KONVENSIONAL)

sistem ekonomi syariah sangat jauh berbeda dengan ekonomi kapitalis sosialis maupun komunis. Dan ekonomi syariah bukan pula system ekonomi yang berprinsip di tengah tengah ketiga system ekonimi itu (sistim ekonomi campuran) dalam artian sedikit ada kemiripan namun ini Sangat bertolak belakang sekali dengan sistim ekonomi kapitalis yang lebih bersifat individual dan menjajah,dan sistim ekonomi sosialis yang memberikan hampir semua tanggungjawab kepada warganya serta sistim ekonomi komunis yang ekstrimekonomi dalam prakteknya. Islam menetapkan bentuk perdagangan serta pelayanana yang boleh dan tidak boleh di transaksikan dalam kehidupan berekonomi, Ekonomi dalam Islam harus mampu memberikan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat, memberikan rasa adil, kebersamaan dan kekeluargaan serta mampu memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada setiap pelaku usaha.
Sistem ekonomi Islam sangat menolak keras, baik itu kapitalisme maupun sosialisme.dan sistem ekonomi kerakayatan dalam perspektif Islam menolak teori yang mengagungkan penimbunan kekayaan tanpa batas yang merupakan sikap tidak berperasaan dalam bermasyarakat. Asumsi lain dari pandangan kapitalisme yang ditolak oleh sistem ekonomi kerakyatan Islam membenarkan penetapan upah yang ekploitatif untuk menjamin peningkatan produksi dan menekankan pelayanan yang penuh ketaatan dan rajin bagi para majikan sebagai keselamatan bagi kaum buruh. Berbeda jauh dengan etika Islam yang tidak memperkenalkan ekploitasi terhadap si miskin oleh kaum kaya, ia juga tidak memberikan ampunan kepada orang yang memiliki tabungan dan investasi tanpa batas dengan tidak mempertimbangkan konsekuensi sosial dari tindakannya. Islam mengharamkan berfoya-foya,akan tetapi memuji sedekah sebagai sarana untuk mendistribusikan penghasilan, sekaligus untuk mencapai kebahagiaan spiritual. Kekayaan pribadi merupakan suatu amanat yang suci ,yang harus dinikmati semuanya,terutama oleh kaum fakir miskin dan yang membutuhkan.
Secara garis besar perbedaan ekonomi Islam dengan ekonomi kapitalis yakni :
1. kapitalisme gagal mengejewantahkan kesatuan hidup dengan penekanan yang berlebihan-lewat mentalitas kapitalis- pada nilai material manusia mengorbankan aspirasi ruhaninya. Menurut Islam sikap semacam ini merupakan pengaburan usaha manusia dengan cara yang membahayakan yang harus dibelokkan untuk mewujudkan sifat teomorfisnya.(QS; 104:2-4) dan (QS: 18: 46)
2. kapitalisme merusak kesetimbangan alam.Ia memperbolehkaan kekayaan yang terpusat pada segelintir orang ; dengan alasan , bahwa hanya si kayalah yang berhak menabung dan melakukan investasi. Pranata kekayaan pribadi ini ini selanjutnya menciptakan lingkaran setan yang didalamnya kesempatan memperoleh kemajuan material lebih dahulu diraih oleh pemilik kekayaan hingga memperkokoh jaringan kepentingan pribadi, sehingga mempertajam jurang kesenjangan antara si kaya dan si miskin. Kitab suci Al-Qur?an menolak daur tertutup kekayaan yang makin menyempit , dengan memberikan peringatan ??supaya kekayaan itu jangan beredar pada orang-orang kaya saja diantara kamu (QS: 59;7) . Islam menentang rezim kapitalisme yang menimbulkan ketidakadilan sosio-ekonomi yang merusak keseimbangan ekologis.
3. Kapitalisme ,mendukung kebebasan ekonomi manusia pada tingkat politis. Kebebasan yang seperti ini bukan kebebasan yang dianjurkan oleh Islam. Kebebasan ekonomi Islam merupakan kebebasan yang dibangun atas dasar kenyataan bahwa semua harta benda adalah milik Allah dan manusia menguasainya sebagai amanat dari-Nya,menunjuk kepada kekayaan kolektif .
4. kapitalisme tidak menitik beratkan pada tanggung jawab kolektif dalam pengertian dan tingkat yang sama dengan Islam. Islam menolak mentah-mentah prilaku sosial yang tidak bertanggungjawab itu.

Tambahan sumber :alumnimanawipari.com

JUAL PANGKON BREKET STAMPER KUDA MIKASA MTR 80 085710575024

 Pangkon stamper kuda atau dudukan mesin stamper khusus mikasa mtr 80, yang mau modidikasi ganti mesin pake tipe honda gx 160 ataupun sejeni...